Find Us On Social Media :

Microchip Luncurkan Puluhan Produk MCU 8 Bit Baru untuk Embedded

By Cakrawala, Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:00 WIB

Microchip luncurkan puluhan produk MCU 8 Bit baru yang ditujukan untuk embedded.

Microchip beberapa waktu lalu menyampaikan peluncuran dari produk MCU (microcontroller unit) 8 bit barunya di dunia. Ditujukan untuk embedded, Microchip menyebutkan meluncurkan 5 lini/keluarga produk MCU 8 bit baru dan lebih dari 60 produk MCU 8 bit baru. Microchip mengeklaim kehadiran lini dan produk MCU 8 bit — PIC dan AVR — baru yang dimaksud merupakan jawaban atas makin meningkatnya penggunaan MCU 8 bit untuk embedded di dunia. Microchip menambahkan bahwa lini dan produk MCU 8 bit baru dengan aneka fiturnya itu bisa menjadi solusi yang simpel bagi para desainer embedded akan aneka problem yang lazim mereka hadapi.

“Mikrokontroler PIC dan AVR sangat populer karena dirancang untuk memenuhi kebutuhan klien kami untuk aplikasi saat ini dan di masa mendatang,” ujar Greg Robinson (Wakil Presiden Marketing unit bisnis MCU 8-bit Microchip). “Kami juga telah membangun rantai pasokan yang kuat untuk MCU PIC dan AVR 8 bit, yang sebagian besar diproduksi di fasilitas milik Microchip. Hal ini memungkinkan kami untuk mengendalikan proses produksi dengan cara yang tidak umum di industri,” tambahnya.

Microchip sendiri mengeklaim saat ini menjual satu MCU 8 bit untuk setiap orang di belahan barat bumi setiap tahunnya. Microchip pun meyakini para desainer yang ingin membuat desain inovatif kini beralih ke lini baru MCU 8 bit-nya. Microchip menyebutkan alasanya adalah aneka kemampuan yang ditawarkan berbagai MCU 8 bit-nya tersebut, seperti daya pemrosesan yang baik dan kemudahan berkomunikasi dengan cip lain. Microchip menambahkan bahwa MCU 8 bit bersangkutan memiliki kemampuan seperti ASIC (application specific integrated circuit) plus pengalaman pengembangan yang simpel sehingga melebihi yang ditawarkan MCU tradisional.

Tentunya kemampuan setiap produk MCU 8 bit baru yang diluncurkan Microchip tidak sama persis. Misalnya ada yang mendukung MVIO (Multi-Voltage I/O) yang memungkinkan penggunaan tegangan yang berbeda pada suatu porta dengan yang lain, atau ada yang menyertakan operational amplifier yang merupakan penguat yang bisa dikonfigurasi untuk beragam penggunaan. Lebih lengkapnya mengenai lima lini MCU 8 bit baru dari Microchip dan kemampuan yang ditawarkannya bisa dilihat di https://page.microchip.com/8Bit-Mega-Launch.html.

Seperti biasa, Microchip juga menawarkan perkakas pengembangan. Microchip menawarkan ekosistem pengembangan, baik peranti lunak maupun peranti keras; termasuk MPLAB X, MPLAB Xpress Integrated Development Environment, dan MPLAB Code Configurator. Sementara, untuk ketersediannya, kelima lini MCU 8 bit baru itu saat ini sudah dalam produksi atau masih sampling.