Find Us On Social Media :

Glance: Konsumsi Konten Layar Kunci Naik Dua Kali Lipat dalam Setahun

By Liana Threestayanti, Senin, 16 Mei 2022 | 19:34 WIB

Laporan terbaru Glance menungkap peningkatan konsumsi konten layar kunci di Indonesia dan India.

Platform konten layar kunci Glance menemukan adanya lonjakan yang signifikan pada konsumsi pengguna di Indonesia terhadap konten layar kunci. 

Temuan itu terdapat dalam laporan berjudul  “Lock Screen Trends Report 2022” yang baru-baru ini dirilis oleh Glance. Laporan secara komprehensif membahas tren konsumsi konten dan perilaku pengguna pada layar kunci telepon seluler berdasarkan pola engagement (interaksi) lebih dari 200 juta pengguna Glance. Laporan ini menyoroti perkembangan tren dan kebiasaan konsumsi media di Indonesia dan India. 

Menurut laporan tersebut, ada kenaikan konsumsi konten sebesar 97%  antara periode Desember 2020 – Desember 2021. Pengguna Glance membuka layar kunci di telepon selular mereka sebanyak 60 kali sehari untuk mengkonsumsi konten layar kunci. Sementara berbagi konten layar kunci juga meningkat 70%. 

Kategori-kategori yang menjadi favorit pengguna di Indonesia adalah news, entertainment, nature & wildlife, technology, dan health & fitness. Konsumsi layar kunci mencapai puncaknya setelah jam makan malam, yaitu sekitar pukul 8 malam.  

“Glance telah mentransformasi konten layar kunci dari ruang yang statis dan membosankan menjadi permukaan yang dinamis dan interaktif untuk konsumsi konten LIVE di semua genre konten. Baik itu, hiburan, berita terbaru, games maupun olahraga, konsumen ini dapat menikmati konten yang mereka sukai 24/7, tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun,” ujar Bikash Chowdhury, Chief Marketing Officer, Glance. 

Menurut Bikash, konten layar kunci menjadi medium interaksi baru antara  para pemasar brand, pengembang, dan produsen ponsel  dengan audiensnya. “Sebuah tampilan sekilas memberikan ketenaran cepat bagi para kreator seiring mereka terkoneksi dengan jutaan pengguna layar kunci,” imbuh Bikash.

“Glance memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang ‘Selalu Happening’, terbaik dan paling trending untuk topik-topik yang mereka sukai, di berbagai kategori di layar kunci smartphone mereka. Untuk menambahkan konten internet terbaik bagi pengguna dengan cara yang unik, Glance juga memungkinkan brand dan publishers untuk terhubung dengan jutaan pengguna di permukaan yang paling banyak digunakan di telepon selular, yaitu layar kunci,” ujar Dalip Shahri, Director, Glance Market Development, Indonesia.  

Glance juga mencatat sejumlah tonggak baru dalam setahun terakhir. Glance mencapai 200 juta pengguna aktif secara global. Pada Februari 2022, Glance meraih pendanaan senilai US$200 juta dari Jio Platform untuk mendorong ekspansi internasional. Glance juga meluncurkan Glance LIVE, layanan live streaming dan konten interaktif pada layar kunci di India. Hal yang sama juga sedang diuji di Indonesia. 

Glance berencana mengembangkan bisnisnya di Indonesia secara signifikan. Tim Glance di Indonesia telah berkembang tiga kali lipat selama tahun 2021, dan berencana untuk menambah jumlah karyawan di Indonesia setahun ke depan.