Find Us On Social Media :

TeamViewer dan SAP Tingkatkan Operasi Gudang dengan Augmented Reality

By Cakrawala, Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:00 WIB

Ilustrasi vision picking yang ditawarkan TeamViewer Frontline.

TeamViewer beberapa hari lalu di Singapura mengumumkan integrasi dari Frontline-nya dengan SAP EWM (Extended Warehouse Management). Dengan integrasi yang dimaksud, konsumen yang menggunakan SAP EWM bisa meningkatkan efisiensi proses logistik mereka pada SAP EWM memanfaatkan TeamViewer Frontline. SAP EWM merupakan solusi manajemen gudang, sedangkan TeamViewer Frontline merupakan solusi AR (augmented reality) yang dalam hal ini adalah vision picking.

Vision picking berbasis AR merujuk pada informasi sehubungan pengambilan barang yang ditambahkan ke penglihatan petugas yang mengambil barang, misalnya menggunakan smart glasses, sehingga memudahkannya dalam mengambil barang dimaksud. Dengan vision picking berbasis AR yang menggunakan smart glasses contohnya, petugas pengambil barang di gudang tidak perlu lagi membawa-bawa catatan maupun pemindai di tangannya dalam melakukan pekerjaannya. Vision picking berbasis AR bisa meningkatkan efisiensi dan sejalan dengan itu produktivitas; tingkatkan operasi gudang.

“Kemitraan kami dengan SAP didasarkan pada serangkaian tujuan bersama: inovasi dan disrupsi melalui teknologi mutakhir yang mendukung perusahaan dalam transformasi digital mereka. Solusi vision picking kami secara signifikan meningkatkan proses masuk dan keluar gudang, menghasilkan tingkat pengambilan yang lebih cepat, akurasi yang lebih baik, dan pada akhirnya kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Selain itu, ini mengurangi waktu pelatihan dan orientasi pekerja di lingkungan churn karyawan yang tinggi,” ujar Alfredo Patron (Executive Vice President Business Development di TeamViewer).

“Efek dari gangguan baru-baru ini dalam rantai pasokan global telah dirasakan oleh hampir semua orang. Perusahaan yang paling cepat beradaptasi telah menerapkan aplikasi manajemen gudang yang gesit seperti SAP EWM, yang memungkinkan mereka menyesuaikan diri dengan cepat terhadap guncangan eksternal dan merespons permintaan, pasokan, dan tantangan tenaga kerja dengan cepat. Sekarang dengan integrasi solusi vision picking berbasis AR TeamViewer, bersama-sama kami dapat membantu pelanggan kami membangun rantai pasokan yang lebih tangguh yang juga hemat biaya untuk dijalankan,” sebut Stefan Krauss (SVP, General Manager Discrete Industries and Energy & Natural Resources di SAP).

TeamViewer dan SAP menambahkan bahwa integrasi Frontline dengan EWM memungkinkan bisnis untuk secara langsung menghubungkan pekerja gudang dan logistik secara real-time dengan data dan informasi penting yang dibutuhkan untuk melakukan tugas mereka. TeamViewer Frontline diklaim meningkatkan tingkat pengambilan rata-rata 10% sampai 15% dan menurunkan tingkat kesalahan menjadi mendekati nol. Pada saat yang sama, data baru disampaikan kembali ke SAP EWM tepat di tempat kerja bersangkutan untuk validasi dan pengoptimalan secara terus-menerus yang diklaim bisa mendorong penghematan biaya.