Find Us On Social Media :

OPPO Find X5 Pro 5G Sematkan Fitur Canggih di Kameranya, Apa Saja?

By Dayu Akbar, Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:30 WIB

Setelah diperkenalkan pertama kali Februari lalu secara global, akhirnya OPPO memboyong flagship OPPO FInd X5 Pro 5G. Hal ini ditandai dengan dibukanya blind pre-order di OPPO Gallery, Erafone dan toko-toko smartphone yang menjual OPPO sejak 14 Mei hingga 1 Juni 2022.Sebagai flagship, OPPO mengusung spesifikasi tinggi dan beberapa fitur canggih. Begitu pula dengan desain mewahnya yang masih mengikuti jejak generasi sebelumnya yaitu OPPO Find X3 Pro 5G.Namun salah satu fitur yang juga tidak kalah menarik ada di sektor kamera. Kameranya sendiri memiliki konfigurasi tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP (Sony IMX766), kamera ultra-wide 50 MP (Sony IMX766) dan kamera tele 13 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32 MP (Sony IMX709).Hal ini memang berbeda dengan Find X3 Pro 5G yang mengusung empat kamera belakang. Kali ini OPPO tidak menyertakan kamera periskop. Namun tentu saja, sebagai flagship, OPPO punya hal lain yang tidak kalah menarik.OPPO menyertakan teknologi pencitraan NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X. Teknologi ini memiliki keunggulan di mana pemrosesan RAW dapat dilakukan secara real-time sehingga pengguna dapat merekam video menggunakan fitur 4K AI Night Video dan menampilkan live preview dengan kualitas yang menakjubkan.

NPU MariSilicon X memungkinkan pengambilan foto dengan kualitas 20bit 120db dynamic range dan 4 kali lebih besar dibandingkan dengan yang ada pada Find X3 Pro. Foto akan memiliki rasio kontras sebesar 1.000.000:1. Dengan demikian, kualitas dan warna foto akan terlihat sangat realistis. Jadi NPU memungkinkan 4K AI processing secara real-time dan HDR 20bit dalam waktu bersamaan saat menggunakan format RAW. Ini adalah terobosan pertama kalinya dalam fitur 4K AI HDR Night Video yang kini tersedia dalam ponsel Android.Guna memaksimalkan performa kameranya, OPPO juga menggandeng produsen kamera legendaris, Hasselblad. "Kita tahu bahwa jika berbicara tentang fotografi, OPPO sebagai perusahaan yang telah berdiri selama 17 tahun. Ini adalah pemain yang cukup muda dan tidak berpengalaman. Jadi, dalam hal fotografi, ada begitu banyak pemain mapan di industri ini. Dan kami ingin saling belajar," ujar Travis Zhao, Product Manager of Find Series OPPO.

  "Dan kita tahu bahwa, Hasselblad dalam industri fotografi, seperti raksasa berusia 81 tahun, dan juga terputus sebagai tolok ukur industri. Jadi, kami percaya ini akan menjadi luar biasa dan merupakan kesempatan besar bagi OPPO untuk benar-benar bergabung dengan Hasselblad, dan kami dapat belajar banyak dari mereka," lanjutnya.OPPO dan Hasselblad juga memiliki filosofi warna yang serupa. Misalnya, Hasselblad memiliki HNCS yang merupakan solusi warna alami Hasselblad. Selain itu, manfaat lain yang didapat dari kolaborasi tersebut adalah hadirnya filter khas Hasselblad."Di sini saya ingin merekomendasikan dua fitur untuk Anda. Pertama adalah mode XPAN pada seri Find X5 kami. Kita tahu bahwa mode X Pan cukup menjadi ciri khas produk Hasselblad," kata Travis.  "Dalam mode X Pan, kami mencoba mereproduksi pengalaman fotografi gaya Hasselblad. Misalnya, kami memiliki antarmuka pengguna yang disesuaikan, dan kami mencoba untuk meniru seluruh pengalaman yang dapat Anda miliki di kamera Hasselblad."  "Dan fitur lain yang ingin saya rekomendasikan adalah filter master Hasselblad. Jadi, kami memiliki kesempatan ini untuk bekerja sama dengan beberapa fotografer ahli Hasselblad, dan kami bersama-sama mengembangkan filter ini dengan mereka. Sehingga kami dapat menawarkan filter ini dengan benar-benar memiliki kecocokan yang sempurna untuk skenario pengguna," pungkas Travis.