Find Us On Social Media :

Ini Kategori Produk Paling Laris di Tokopedia Selama Q1 2022

By Rafki Fachrizal, Selasa, 24 Mei 2022 | 11:15 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Tokopedia mencatat bahwa Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I (Q1) 2022. 

Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris, antara lain bantal kepala, stop kontak dan benih/bibit tanaman.

Sedangkan di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku.

Pada kategori Elektronik, earphone, bohlam lampu serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli. Di sisi lain, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris.

“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif, contohnya Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Selain itu, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Juga Tokopedia Nyam! dimana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien.

Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno, serta tak ketinggalan juga berbagai produk fesyen pria dan wanita terbaru dihadirkan melalui Zona Ganteng, Women in Style dan Cantik Fest.

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal I 2022 dibandingkan periode yang sama di 2020:

Baca Juga: BliBli Mitra Gelar Program Berburu Hadiah Hingga Jutaan Rupiah