Find Us On Social Media :

Alasan Leica 'Ceraikan' Kerjasama Huawei dan Beralih ke Xiaomi

By Rizal, Rabu, 25 Mei 2022 | 11:30 WIB

Huawei P40+

Akhirnya, Huawei mengonfirmasi kerjasama pengembangan sensor kamera dengan Leica telah berakhir Maret lalu. Kerjasama Huawei dengan perusahaan kamera asal Jerman itu mengawali debutnya sejak 2016

"Kami mengonfirmasi bahwa kerja sama antara kedua perusahaan kami berakhir pada 31 Maret," kata perwakilan Huawei

HP pertama Huawei yang menggunakan sensor kamera Leica adalah Huawei P9 yang mengusung kamera utama 12 MP dan kamera monokrom 12 MP.

Tak hanya desain kamera, Leica juga mengembangkan algoritma pengolah gambar yang mampu menambah warna khas pada foto-foto hasil jepretan ponsel Huawei.

Huawei juga menyematkan teknologi kamera Leica ke dalam flagship termasuk Huawei P series.

HP flagship Huawei terakhir yang masih mengusung teknologi Leica adalah Huawei P50 dan 50 Pro.

Huawei P50 Pocket dan Mate 50 yang merupakan bagian dari P50 series tidak lagi menggunakan teknologi Leica seperti dikutip Android Authority.

Alasan utama berakhirnya kerja sama Huawei dan Leica adalah Leica sudah mempertimbangkan kerja sama dengan perusahaan lainnya yaitu Xiaomi karena bisnis Huawei yang anjlok akibat sanksi dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Menjalin Xiaomi

Pendiri Xiaomi, Lei Jun juga menyatakan bahwa kerja sama Xiaomi dan Leica bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone tingkat tinggi. Xiaomi dan Leica sepakat dengan ide dan gagasan masing," kata CEO Xiaomi, Lei Jun.

Xiaomi menyatakan smartphone pertama yang dikembangkan bersama Leica akan diluncurkan pada Juli 2022. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi ihwal smartphone Xiaomi seri apa yang akan pertama kali disematkan teknologi kamera dari Leica.

Menurut GSM Arena, smartphone tersebut kemungkinan adalah Xiaomi 12 Ultra, meskipun Xiaomi belum memberikan konfirmasi. Adapun Leica dalam pernyataannya menjanjikan akan memberikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik dan kreativitas tanpa batas".

Belum diketahui bagaimana teknis kerja sama antara Xiaomi dan Leica, apakah mengembangkan software kamera besama-sama atau bahkan berkolaborasi mengembangkan hardware kamera.