Find Us On Social Media :

MediaTek Umumkan Filogic 880 dan Filogic 380 yang Tawarkan Wi-Fi 7

By Cakrawala, Kamis, 26 Mei 2022 | 16:00 WIB

MediaTek Filogic 880 dan MediaTek Filogic 380.

MediaTek beberapa hari lalu di Taiwan mengumumkan Filogic 880 dan Filogic 380. Keduanya disebutkan MediaTek sebagai platform Wi-Fi 7 dan diklaim menjadi bagian dari solusi Wi-Fi 7 pertama yang akan tersedia di pasar. MediaTek Filogic 880 dan MediaTek Filogic 380 akan membolehkan para produsen perangkat untuk membuat produk-produk dengan teknologi koneksi terbaru yang dalam hal ini tentunya Wi-Fi 7. Seperti yang InfoKomputer tuliskan di sini, MediaTek memperkenalkan Filogic tahun lalu yang dimulai dengan Wi-Fi 6/6E. MediaTek Filogic 880 dan Filogic 380 tentunya melengkapi portofolio lini baru tersebut. Mengenai Wi-Fi 7 sendiri bisa dilihat di sini.

“Solusi koneksi nirkabel kami dirancang untuk memberikan kinerja tercepat menggunakan teknologi tercanggih, dan mewakili komitmen MediaTek dalam mendorong adopsi Wi-Fi 7 di sejumlah besar pasar baru,” ujar Alan Hsu (Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity business di MediaTek). “Dengan Filogic 880 dan Filogic 380, pelanggan kami dapat memberikan pengalaman terhubung yang cepat, andal, dan selalu aktif untuk memenuhi permintaan koneksi industri yang terus berkembang,” sebutnya lagi.

MediaTek Filogic 880 merupakan platform yang menggabungkan Wi-Fi 7 access point dengan prosesor. Melihat MediaTek Filogic 830, MediaTek Filogic 880 kelihatannya setidaknya menyerupai SoC. MediaTek Filogic 880 mengandung quad core Arm Cortex-A73 dengan frekuensi kerja alias clock sampai 1,8 GHz. Terdapat pula NPU (network processing unit) yang seperti namanya mengambil alih pengolahan aneka tugas jaringan dari prosesor. NPU diklaim memastikan kinerja jaringan yang maksimum sembari membebaskan prosesor untuk digunakan mengerjakan yang lain.

Beberapa fitur yang dikedepankan MediaTek pada Filogic 880 sehubungan Wi-Fi 7 access point adalah dukungan terhadap teknologi kunci Wi-Fi 7 seperti 4096-QAM, 320 MHz, MRU, dan MLO; fleksibilitas untuk scaling sampai lima pita dan kecepatan 36 Gbps; dukungan kecepatan sampai 10 Gbps pada satu kanal; serta dukungan terhadap OFDMA RU, MU-MIMO, dan MBSSID. Technology node yang digunakan sendiri adalah 6 nm. MediaTek menujukan Filogic 880 untuk digunakan menenagai solusi router dan gateway pada pasar enterprise, retail, dan operator.

Sementara, MediaTek Filogic 380 yang juga menggunakan technology node 6 nm ditujukan untuk menenagai solusi klien. MediaTek Filogic 380 ditujukan untuk digunakan pada smartphone, komputer tablet, TV, laptop, dan perangkat klien lainnya. MediaTek menambahkan bahwa Filogic 380 cocok digunakan bersama tawaran-tawaran MediaTek lainnya untuk perangkat yang disebutkan; bisa menyederhanakan proses dari desain sampai siap dipasarkan.

Adapun beberapa fitur yang dikedepankan MediaTek pada Filogic 380 adalah dukungan terhadap teknologi kunci Wi-Fi 7 seperti 4096-QAM, 320 MHz, MRU, dan MLO; dukungan kecepatan sampai 6,5 Gbps pada MLO; dukungan radio 2x2 ganda — bisa pita ganda sekaligus, dukungan kecepatan sampai 5 Gbps pada satu kanal, dukungan akan pita 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz; serta Bluetooth 5.3 dengan LE Audio. Hadirnya Bluetooth menegaskan bahwa MediaTek Filogic 380 merupakan cip tunggal yang menawarkan Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.3 sekaligus alias merupakan combo cip.

Meski telah mengumumkan Filogic 880 dan Filogic 380, MediaTek tidak menyebutkan secara spesifik waktu yang ditargetkan dari kehadiran kedua cip yang dimaksud di pasar dunia.