Find Us On Social Media :

AMD Ryzen 7000 Series Bakal Gunakan Arsitektur Zen 4 dan Socket AM5

By Dayu Akbar, Minggu, 29 Mei 2022 | 06:00 WIB

Setelah sempat memberi sedikit bocoran mengenail prosesor desktop terbarunya, AMD Ryzen 7000 series awal tahun ini, pada ajang COMPUTEX 2022, AMD Chair dan CEO Dr. Lisa Su kembali menggoda para pengguna PC dengan memberikan gambaran lebih lanjut mengenai prosesor tersebut.Melanjutkan inovasi dan kinerja terdepan dari prosesor desktop Ryzen 5000 Series, prosesor desktop Ryzen 7000 Series bakal menggunakan pada arsitektur "Zen 4" 5nm yang sangat efisien. Prosesor tersebut akan menggandakan jumlah cache L2 per core serta menghadirkan clock speed yang lebih tinggi, dan diproyeksikan memberikan peningkatan kinerja single-thread 15% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. AMD sejauh ini tidak (atau belum) menghadirkan AMD Ryzen 6000 series untuk desktop dan baru menghadirkan seri tersebut untuk versi mobile bagi penggunaan laptop.Dalam keynote, prosesor desktop Ryzen 7000 Series pra-produksi didemonstrasikan berjalan pada clock speed 5,5 GHz saat bermain game AAA. Prosesor yang sama juga ditunjukkan berkinerja lebih dari 30% lebih kencang dibanding Intel Core i9 12900K dalam beban kerja Blender rendering multi-threaded .    

Selain menawarkan komputasi "Zen 4" baru, Ryzen 7000 series memiliki fitur die I/O 6nm yang semuanya baru. I/O die baru mencakup mesin pengolah grafis berbasis AMD RDNA 2, arsitektur berdaya rendah baru yang diadopsi dari prosesor mobile AMD Ryzen, dukungan untuk memori dan teknologi konektivitas terbaru seperti DDR5 dan PCI Express 5.0, dan dukungan hingga 4 tampilan.   

Socket Baru

Prosesor terbaru ini juga bakal menggunakan motherboard dengan socket baru yaitu AM5. Soket baru ini memiliki desain LGA 1718-pin dengan dukungan untuk prosesor hingga TDP 170W, memori DDR5 dual-channel, dan infrastruktur daya SVI3 baru untuk memimpin kinerja seluruh core dengan prosesor Ryzen 7000 Seriesi. AMD Socket AM5 menghadirkan jalur PCIe 5.0 paling banyak di industri hingga 24 jalur, menjadikan platform desktop yang diklaim AMD sebagai yang terkencang, terbesar, dan terluas dengan dukungan lebih dari sekedar untuk penyimpanan dan kartu grafis generasi berikutnya.

Jajaran socket AM5 memiliki tiga tingkatan motherboard yaitu X670 Extreme untuk konektivitas terbaik dan kemampuan overclocking ekstrem dengan dukungan PCIe 5.0 untuk dua slot pengolah grafis dan satu slot penyimpanan.

Yang kedua yaitu X670 yang mendukung enthusiast overclocking dengan dukungan PCIe 5.0 pada satu slot penyimpanan dengan dukungan pengolah grafis opsional. Untuk yang ketiga yaitu B650 yang dirancang untuk pengguna kinerja dengan dukungan penyimpanan PCIe 5.0.Model motherboard yang mencakup ketiga chipset tersebut bakal meluncur pertama dari mitra AMD seperti Asrock, Asus, Biostar, Gigabyte, dan MSI, sementara solusi penyimpanan PCIe 5.0 akan tersedia dari banyak mitra termasuk Crucial, Micron, dan Phison.