Find Us On Social Media :

Microchip Kenalkan Precise Time Scale System untuk Memastikan Operasi

By Cakrawala, Rabu, 8 Juni 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi Precise Time Scale System.

Microchip beberapa waktu lalu mengenalkan tawaran barunya yang disebut Precise Time Scale System di dunia. Seperti namanya, Microchip menyebutkan PTSS (Precise Time Scale System) sebagi sistem pewaktuan kelas dunia yang bisa dilacak ke UTC (Coordinated Universal Time) dan tidak beragantung pada GNSS (global navigation satellite system). Selain untuk navigasi, GNSS juga dimanfaatkan dalam sistem pewaktuan tertentu dengan keaurasian tinggi.

Microchip menyebutkan terdapat banyak cybersecurity threat alias ancaman keamanan siber terhadap GNSS sehingga PTSS bisa menjadi cadangan untuk memastikan suatu negara, organisasi, infrastruktur kritis, dan sejenisnya tetap mendapatkan pewaktuan yang akurat. Dengan kata lain, PTSS bisa memastikan operasi tetap berjalan dengan baik dan benar meski GNSS terganggu.

Microchip menambahkan bahwa PTSS adalah suatu sistem yang sepenuhnya terintegrasi dan mampu memberikan pewaktuan dengan akurasi yang sebanding dengan para laboratorium nasional terbaik di dunia. Terdapat tiga produk utama alias komponen utama yang terintegrasi pada PTSS, yakni SyncSystem 4380A Time Scale Edition, Time Scale Orchestrator, serta 5071A Cesium Clock Primary Frequency Standard dan MHM 2020 Active Hydrogen Maser. Yang disebut terakhir merupakan jam-jam atom. Jam atom sendiri merupakan jam yang menawarkan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

“Precise Time Scale System Microchip menyediakan cadangan atau alternatif berkualitas tinggi untuk GNSS sebagai basis waktu, yang dapat didistribusikan melalui eLoran, IEEE 1588 melalui serat, pemindahan waktu dua cara, dan metode lainnya,” ujar Randy Brudzinski (Vice President, Frequency and Time Systems Business Unit, Microchip). “Dengan menerapkan sumber waktu otonom, suatu negara dapat mengendalikan dan memanfaatkan waktu sebagai perangkat untuk melindungi infrastruktur penting termasuk transportasi, sektor keuangan, komunikasi, dan kelistrikan,” tambahnya.

Adapun SyncSystem 4380A Time Scale Edition menghasilkan skala waktu otonom dari penggabungan beberapa jam independen yang sangat akurat dengan instrumen multisaluran untuk mengukur dan membandingkan kinerja jam. Time Scale Orchestrator adalah platform peranti lunak yang menyediakan tampilan terpadu dengan basis data built-in yang mengintegrasikan fungsi manajemen, pemantauan, alarm, dan pelaporan dari masing-masing produk yang membentuk sistem skala waktu yang dalam hal ini PTSS. Sementara, 5071A Cesium Clock Primary Frequency Standard dan MHM 2020 Active Hydrogen Maser merupakan jam-jam atom yang memberikan frekuensi akurat dan stabil yang terus diukur terhadap satu sama lain untuk menghitung dan menghasilkan frekuensi skala waktu yang selaras.

Menariknya lagi, setiap komponen pembentuk PTSS bisa dibeli terpisah oleh konsumen untuk memebentuk sistem pewaktuannya sendiri. Microchip pun menegaskan bahwa PTSS merupakan suatu solusi custom yang didesain sesuai dengan persyaratan-persyaratan atau kebutuhan-kebutuhan konsumen. Tak heran bila Microchip tidak menyebutkan harga spesifiknya.