Find Us On Social Media :

Komunitas dan Perannya dalam Mendukung Perkembangan Industri Esports

By Rafki Fachrizal, Selasa, 31 Mei 2022 | 20:15 WIB

Ilustrasi Esports

CEO RevivaLTV, Ahmad “Senz” Syahndy mengungkapkan bahwa komunitas adalah nyawa dari ekosistem esports. Menurutnya, ada keterkaitan antara kehadiran komunitas dengan ekosistem esports.

“Tanpa komunitas, esports bukan apa-apa karena komunitas-lah yang jadi penggerak dari ekosistem esports itu sendiri. Saya juga sangat percaya bahwa komunitas bisa membuat anggotanya saling belajar dan berkembang, tentunya dalam visi misi yang sama dalam komunitas tersebut,” ungkap Senz dalam webinar bertajuk “Esports: Perkembangan Ekosistem dan Komunitasnya,” yang digelar UniPin Community beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Fransiskus sebagai Community Manager PUBGM juga memaparkan keterkaitan antara komunitas dengan ekosistem esports dari sudut pandangnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi membuat pengembangan komunitas dan ekosistem esports menjadi lebih mudah dan cepat.

“Esports berkembang karena ketertarikan dan minat yang tinggi dari para pecinta games. Semua diberi kemudahan dengan kemajuan teknologi, apalagi sejak hadirnya mobile games. Selain itu, pengembangan ekosistem dan komunitas saat ini dipermudah karena bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya  melalui webinar dan coaching clinic yang rutin diadakan UniPin Community,” jelas Frans.

Lebih jauh, Senz menyebutkan kemajuan komunitas seringkali terhambat karena ketidakjelasan peran anggota dalam komunitas.

“Kesalahan utama yang sering terjadi di komunitas adalah tidak adanya jabatan struktural dan pemimpin yang jelas dalam komunitas tersebut. Jabatan struktural dan kepemimpinan menjadi penting karena sebuah komunitas harus memiliki visi misi yang jelas, dipimpin oleh seorang leader,” tutur Senz.

Menanggapi hal yang sama, Frans menyebutkan bahwa penting bagi anggota sebuah komunitas untuk paham perannya masing-masing.

“Dalam sebuah komunitas juga harus ada yang menjadi penggerak dalam mencari informasi tentang turnamen. Namun, tujuan komunitas tentunya tidak harus selalu kompetisi, tetapi juga menjadi wadah yang fun untuk keberlangsungan komunitas dan perkembangan ekosistem esports,” pungkas Frans.

Baca Juga: Seberapa Menjanjikan Karier di Industri Esports?