Find Us On Social Media :

Ikuti Barter.in, program tukar pakaian untuk menurunkan limbah tekstil

By Wisnu Nugroho, Rabu, 1 Juni 2022 | 12:30 WIB

Barter.in, gerakan tukar pakaian demi menurunkan limbah tekstil yang kian merisaukan

Punya baju yang masih bagus dan sayang untuk dibuang? Kalau iya, datang saja ke acara Barter.in: Gerakan saling Bertukar yang akan diselenggarakan pada Jumat, 3 Juni 2022 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Gerakan Saling Bertukar ini sendiri adalah diadakan oleh Saya Pilih Bumi, komunitas digital yang berkomitmen mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Seperti tercermin dari namanya, Barter.in ini bukan cuma sekedar donasi pakaian. Di sana, Anda bisa bertukar pakaian milik orang lain sehingga setiap pihak akan mendapatkan manfaatnya.

Acara tukar pakaian ini adalah acara pertama bagi Barter.in. "Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar. Jadi tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada," kata Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis. Gerakan ini dimaksudkan untuk memberi kesadaran akan limbah tekstil yang kini menjadi masalah yang cukup serius.

"Industri mode, terutama fast fashion, memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat," tambah Diky lagi. "Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Daripada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi,” tambah Diky.

Jika ingin mengikuti acara ini, Anda tinggal membawa maksimal tiga pakaian dewasa. Pakaian yang Anda bawa nantinya akan dikurasi, untuk memastikan kualitasnya (tidak bisa rusak, bolong, atau bernoda). Setelah itu, Anda bisa barter dengan pakaian orang lain yang sesuai selera Anda.

Di acara ini, panitia juga menyediakan layanan reparasi pakaian ringan dengan menggandeng Ctrl+N. Jadi jika ada kerusakan ringan seperti bolong kecil atau resleting yang macet, Anda bisa langsung memperbaikinya di tempat. Agar suasana semakin asyik, acara Barter.in ini juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik.

Menarik kan? Dengan mengikuti gerakan ini, Anda turut berperan dalam menurunkan limbah tekstil dan mengurangi beban yang harus ditanggung bumi. 

Yuk ikut Barter.in dengan datang pada hari Jumat, 3 Juni 2022 jam 9.00-17.00 ke Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan (peta bisa lihat di sini).