Find Us On Social Media :

Hands-on Lenovo Yoga 9i: Desain Keren dengan Spesifikasi Lebih Baru

By Dayu Akbar, Jumat, 3 Juni 2022 | 07:45 WIB

Memperbarui lini laptop seri Yoga, Lenovo meluncurkan seri terbaru melalui Lenovo Yoga 9i. Sebagai seri terbaru, beberapa peningkatan dan pembaruan hadir di laptop berjenis convertible atau juga biasa disebut dengan laptop 2-in-1.Secara spesifikasi semuanya menggunakan generasi terbaru, prosesornya menggunakan Intel Core generasi 12 Alder Lake dengan SKU Intel Core i7-1280P dengan sertifikasi Intel Evo. Sebagai penopang prosesor terbaru juga digunakan RAM yang juga baru yaitu LPDDR5 dengan clock 5200MH yang punya kapasitas 16GB. Dengan GPU internal Intel Iris Xe, storagenya juga menggunakan SSD generasi lebih baru yaitu M.2 NVMe PCIe 4.0 dengan kapasitas hingga 1 TB.Tidak hanya sampai disitu, Layar juga jadi salah satu daya tarik. Lenovo mengusung layar PureSight OLED yang memiliki kualitas lebih baik dan lebih tinggi dibanding panel IPS. Tidak hanya itu, layar 14 inci yang menggunakan panel Samsung E4 OLED tersebut memiliki resolusi tinggi yaitu 3840x2400 atau 4K.

Untuk spesifikasi lainnya, punya color gamut sRGB 125%, DCI-P3 100%, VESA Certified Display HDR True Black 500, serta kedalaman warna 10-bitnya dapat menampilkan lebih dari satu miliar warna dalam satu piksel.Jadi selain performanya kencang, laptop ini juga cocok untuk aktivitas yang butuh akurasi tinggi, seperti ilustrator, content creator saat menyunting video atau foto resolusi super tinggi, serta multimedia. Layar sentuhnya mendukung 10 titik sentuhan dengan permukaan glossy yang memiliki sensitifitas tinggi saat disentuh.

Sisi atas layar terdapat webcam dengan resolusi full HD yang dilengkapi pula dengan switch yang berfungsi untuk menjaga privasi.Sebagai pendukung, Lenovo juga menyediakan stylus yang disebut dengan Lenovo Precision Pen 2. Stylus ini mendukung 4096 titik tekanan dan tilt detection yang mampu memberi presisi dan kontrol tinggi saat digunakan untuk membuat sketsa atau catatan. Fisiknya menyertakan dua tombol klik di bodi dan konsumsi dayanya menggunakan baterai internal. Menariknya, baterai tersebut bisa diisi ulang mengandalkan koneksi USB type-C sehingga lebih praktis.

Sebagai laptop convertible, tentu saja Lenovo Yoga 9i menggunakan engsel yang bisa ditekuk hingga 360 derajat. Ini yang membuatnya fleksible dan digunakan hingga empat mode yaitu laptop, tablet, tent, dan stand. Kerennya lagi, pada bagian engsel-nya disematkan pula dua speaker tambahan yang disebut dengan rotating soundbar speaker pertama milik Bower & Wilkins.

Laptop ini sendiri menggunakan quad speaker yang terdiri dari dua speaker (woofers) di bagian bawah dan dua speaker (tweeters) di bagian engsel.

Sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, Lenovo kali ini menggunakan Truestrike keyboard yang hadir dengan desain edge-to-edge. Tombolnya mendukung backlit warna putih yang memiliki dua tingkat kecerahan.

Yang menarik, di sisi kanan terdapat satu kolom tombol berurutan yang disebut dengan 1-click function keys. Ada lima tombol fungsi yang tersedia yaitu Smart Power, Background Blur, Vibe Check. Colour Mode, dan Fingerprint reader.

Untuk konektivitasnya, sisi kiri terdapat port USB type-A dan dua USB type-C yang mendukung Thunderbolt 4 serta pengisian daya. Sementara sisi kanannya terdapat jack audio, USB type-C, dan tombol Power. Jika dirasa kurang, Lenovo memberikan dongle yang menyediakan konektivitas tambahan seperti HDMI, D-Sub, serta USB type-A.

Lenovo merancang Lenovo Yoga 9i dalam balutan desain keren dengan nuansa modern. Dimensinya juga dibuat ringkas. Saat posisi tertutup, ketebalannya hanya mencapai 15,25 cm dengan bobot yang juga terbilang ringan, hanya 1,4 kg saja.

Bodinya menggunakan bahan aluminium aerospace grade yang kuat. Tiap sudutnya dibuat membulat dan glossy yang dibuat melalui 10-step precision CNC, sandblasting, anodization, dan polishing process untuk menghasilkan permukaan mengkilap.Meski dimensinya tipis, Yoga 9i tetap memiliki kapasitas baterai besar yang mumpuni dengan kapasitas 75Whr dan mendukung teknologi Rapid Charge Boost untuk pengisian daya lebih cepat.Tidak hanya dari sisi hardware, Lenovo Yoga 9i juga dilengkapi dengan software pendukung berbasis AI yaitu Lenovo A.I. Core 2.0. Software ini menghadirkan peningkatan kinerja berkemampuan AI dan keamanan yang lebih cerdas.Tersedia dalam pilihan warna oatmeal (silver) dan storm grey (abu-abu gelap), Lenovo Yoga 9i sudah tersedia di tanah air dan dapat dibeli di seluruh toko resmi Lenovo Indonesia dengan harga Rp. 26.999.000.