Find Us On Social Media :

MoEngage Berhasil Dapatkan Pendanaan Seri E Sebesar US$77 Juta

By Cakrawala, Senin, 6 Juni 2022 | 16:00 WIB

MoEngage berhasil dapatkan pendanaan Seri E sebesar US$77 juta.

MoEngage beberapa hari lalu di Jakarta menyampaikan keberhasilannya mendapatkan US$77 juta dalam pendanaan Seri E. MoEngage menyebutkan pendanaan tersebut dipimpin oleh Goldman Sachs dan B Capital, serta partisipasi dari investor sebelumnya. Para investor sebelumnya yang dimaksud adalah Steadview Capital, Multiples Alternate Asset Management, Eight Roads Ventures, dan Matrix Partners India. MoEngage menambahkan penggalangan dana bersangkutan merupakan penggalangan dana ketiga dalam 12 bulan terakhir.

MoEngage mengeklaim akan menggunakan dana tambahan terbaru itu untuk memperdalam jejak geografisnya di pasar Amerika Serikat, Inggris, dan Asia serta memperluas pasar baru seperti Amerika Latin dan Australia. Dana tersebut akan digunakan untuk mengeksplorasi akuisisi strategis yang dapat membantu memperluas kemampuan platform dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Adapun pada kedua penggalangan dana sebelumnya, MoEngage menyebutkan berhasil mengumpulkan US$32,5 juta pada Juli 2021 dan US$30 juta pada Desember 2021.

“Pertumbuhan pesat kami adalah validasi bahwa merek konsumen saat ini bergerak melampaui alat yang berpusat pada kampanye dan mengadopsi Pendekatan Multi-Saluran berbasis wawasan untuk keterlibatan pelanggan. Inovasi juga menjadi prioritas utama MoEngage dengan adanya peluncuran Push Amplification Plus, fitur merek dagang yang memberikan tarif pengiriman terbaik untuk notifikasi push di Asia Tenggara. Perusahaan di seluruh kawasan telah merasakan dampak positif dari solusi tersebut, dengan tingkat pengiriman notifikasi push yang terbukti hingga 91%,” ujar Raviteja Dodda (Co-Founder dan CEO, MoEngage).

“Kami mengantisipasi perluasan berkelanjutan dari industri automasi pemasaran dan analitik. Saat perusahaan berusaha untuk lebih melibatkan pelanggan di seluruh saluran digital, platform teknologi terkemuka MoEngage menyediakan data real-time yang berwawasan kepada pemasar, memungkinkan mereka untuk mengatur dan menjalankan kampanye yang efektif untuk membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan guna meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan. Kami berharap dapat memanfaatkan sumber daya dan jaringan global kami untuk mendukung ambisi dan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” ucap Rajat Sood (Direktur Utama di Goldman Sachs Asset Management).

“Kami sangat senang menyambut MoEngage ke portofolio investasi SaaS lintas batas kami yang terus berkembang. MoEngage adalah platform AI pertama yang membantu perusahaan mempertahankan pelanggan dan memberikan wawasan tentang perjalanan pengguna di seluruh saluran. Hal ini membantu perusahaan melibatkan dan mempertahankan lebih dari 1 miliar pengguna di platform secara global. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Ravi, Yashwanth, dan seluruh tim MoEngage saat mereka membangun platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan di seluruh dunia,” kata Kabir Narang (Founding General Partner untuk B Capital Group).

MoEngage mengeklaim dalam 12 bulan terakhir telah meningkatkan pendapatan berulang tahunan (ARR) lebih dari 105%, menambah 500 pelanggan baru, dan melipatgandakan jumlah karyawan menjadi lebih dari 650 tenaga kerja. MoEngage pun mengeklaim memiliki retensi pendapatan bersih tahunan yang sangat sehat; lebih dari 135%, dan telah dinobatkan sebagai “Strong Performer” pada kuartal ketiga 2021 berdasarkan laporan Forrester Wave tentang alat Kampanye Lintas Saluran.

Khusus di Asia Tenggara, MoEngage menambahkan bahwa dirinya telah menggandakan jumlah karyawannya di seluruh Indonesia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Penambahan jumlah karyawan itu mencakup Anmol Arora (Direktur Regional, Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru) dan Patrick Tang (Direktur Asosiasi, ASEAN). Selain itu, tahun ini MoEngage juga membangun kantor di Singapura dan Filipina.

“Kami adalah platform keterlibatan pelanggan multi saluran terkemuka di Asia Tenggara. Kami akan terus berinvestasi dalam inovasi produk khusus kawasan dan juga memperluas jejak geografis kami ke Australia. Kami sangat senang menyambut Goldman Sachs dan B Capital dalam perjalanan kami,” tegas Raviteja Dodda.

“Karena kawasan Asia Tenggara terus beralih ke digital dengan cepat, kami hanya perlu memperkuat komitmen kami di kawasan ini untuk membantu bisnis menavigasi ekonomi masa depan. Investasi kami telah menghasilkan adopsi platform MoEngage oleh 220+ merek konsumen di Asia Tenggara, dan tonggak sejarah baru bagi lebih dari 100 pelanggan di Indonesia. Saat ini, MoEngage bermitra dengan beberapa merek terkemuka di kawasan ini, termasuk Alfagift, AllValue, Astrapay, Blibli, CIMB Bank, JD.ID, Lummo, POPS, Syfe, Telekom Malaysia, theAsianparent, XL Axiata. MoEngage telah mengalami lebih dari 2x pertumbuhan di Asia Tenggara selama setahun terakhir dan kami berharap dapat membangun momentum ini di masa yang akan datang,” pungkas Saurabh Madan (Wakil Presiden dan General Manager Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, MoEngage).