Find Us On Social Media :

Meta Beberkan Sejumlah Fasilitas Aplikasi WhatsApp Business untuk UKM

By Cakrawala, Senin, 6 Juni 2022 | 22:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp Business.

Meta baru saja membagikan sejumlah fasilitas aplikasi WhatsApp Business yang diyakininya bisa membantu para UKM (usaha kecil dan menengah) di Asia Pasifik, yang tentunya mencakup Indonesia, dalam berbisnis. Meta menyebutkan cara banyak anggota masyarakat dalam berkomunikasi saat ini telah berubah dibandingkan sebelumnya. Mengutip riset yang dibagikan Kantar, Meta menegaskan bahwa lebih dari 65% orang memilih mengirimkan pesan dibandingkan e-mail maupun menelepon. Bisnis, termasuk UKM juga sebaiknya mengikut perubahan tersebut, yang dalam hal ini menjadi menggunakan WhatsApp Business. Lagi pula, aplikasi WhatsApp Business bisa dipakai secara gratis oleh UKM; berbeda dengan WhatsApp Business Platform yang lebih ditujukan bagi perusahaan besar dan berbayar.

Meta mengeklaim bahwa dalam seminggu, 1 miliar orang mengirimkan pesan ke bisnis menggunakan WhatsApp, Messenger, dan Instagram Direct. Sementara, jumlah percakapan sehari-hari antara pelanggan dan bisnis terus bertumbuh secara signifikan. Bahkan, dalam satu tahun terakhir, jumlah percakapan tersebut telah tumbuh lebih dari 50%. Dengan kata lain, WhatsApp telah menjadi salah satu platform perpesanan bagi masyarakat untuk menghubungi bisnis. Hal-hal itu disampaikan Meta melalui acara virtual yang digelar bersama beberapa jurnalis Asia Pasifik, termasuk InfoKomputer.

Adapun sejumlah fasilitas aplikasi WhatsApp Business yang diklaim dan dikedepankan Meta bisa membantu UKM adalah seperti berikut.

1. Profil bisnis. Profil bisnis memungkinkan UKM untuk memberikan kesan pertama yang baik dengan informasi bermanfaat seperti logo bisnis, lokasi, dan deskripsi.

2. Pesan otomatis. Pesan otomatis membolehkan UKM untuk mengirim pesan selamat datang khusus kepada pelanggan baru saat memulai percakapan.

3. Balas cepat. Balas cepat memungkinkan UKM untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dengan balasan yang telah disiapkan sebelumnya. Fasilitas ini mendukung sampai lima puluh templat.

4. Katalog. Katalog membolehkan UKM untuk menampilkan produk dan layanan serta membagikan tautan ke produk tertentu.

5. Keranjang. Keranjang memungkinkan UKM untuk memudahkan pelanggan berbelanja berhubung pelanggan bisa menaruh berbagai pesanan secara langsung tanpa perlu mengirimkan pesan untuk setiap pesanan.

Selain itu, Meta juga akan menghadirkan fasilitas premium baru pada aplikasi WhatsApp Business yang sifatnya opsional. Fitur tersebut ditujukan untuk UKM yang butuh layanan tingkat lanjut. Ada dua fasilitas premium baru aplikasi WhatsApp Business yang dikedepankan Meta. Pertama adalah kemampuan untuk mengelola percakapan di satu akun sampai sepuluh perangkat. Kedua adalah tautan "klik-untuk-mengobrol" yang dapat disesuaikan. Meta menambahkan kedua fitur yang dimaksud akan segera hadir.