Find Us On Social Media :

Kolaborasi Lazada dengan Westbike Hadirkan Layanan Kurir Sepeda

By Indah PM, Kamis, 9 Juni 2022 | 15:00 WIB

Lazada Westbike

Lazada Indonesia (Lazada), melalui unit logistiknya Lazada Logistics terus mengupayakan komitmennya untuk mempromosikan operasional logistik yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan Lazada adalah melalui kemitraan dengan komunitas sepeda di bawah naungan Westbike Messenger Service (Westbike), sebuah layanan logistik yang menggunakan sepeda dan sepeda kargo.  

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia menuturkan bahwa sudah sejak lama Lazada berkeinginan membangun ekosistem e-Commerce yang berkelanjutan dan  ramah lingkungan. Dengan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui Lazada Logistics, Lazada mengembangkan armada #BlueVehicle, yakni armada pengiriman paket yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada.

Philippe pun berharap bisa menjalin lebih banyak kerja sama dengan para mitra strategis dan terus mengembangkan berbagai inisiatif keberlanjutan di Lazada, yang tidak hanya akan berdampak positif pada operasional perusahaan, namun juga bisa mendorong setiap orang dalam untuk menjalankan gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Lazada Wesbike Kargo.

Sebelumnya, Lazada juga telah bermitra dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan kendaraan berbasis listrik utama bagi mitra kurir (frontliner) Lazada Logistics. Motor Smoot dirancang untuk kemudahan pengguna, di mana pengguna bisa melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta. Selain bermitra dengan Smoot, Lazada sebelumnya juga telah bermitra dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik yang telah dimulai pada awal 2021 lalu.  

“Sebagai perusahaan kurir sepeda pertama di Indonesia yang mengedepankan Sustainable City Courier, kami menyambut baik kolaborasi membawa kendaraan sepeda yang sudah tentu ramah lingkungan ke dalam ekosistem logistik Lazada. Sepeda merupakan moda yang efisien untuk mengantarkan barang dalam jarak dekat secara ramah lingkungan. Di kondisi kota besar di mana kemacetan sering terjadi, pilihan pengiriman paket dengan menggunakan kurir sepeda bisa menjadi pilihan yang efektif dan tentunya ramah lingkungan,” jelas Hendi Rachmat, Founder dan COO Westbike Messenger Service (Westbike).

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari Westbike telah tersedia di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, dan dalam waktu dekat juga akan merambah ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Selain berinovasi pada layanan kurir, sejak 2021 lalu Lazada juga telah menyediakan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.