Find Us On Social Media :

XL Axiata akan Gunakan Teknologi dan Produk Juniper Networks untuk 5G

By Cakrawala, Jumat, 10 Juni 2022 | 10:00 WIB

XL Axiata akan menggunakan teknologi SRv6 dan produk Universal Routing Platform dari Juniper Networks untuk meningkatkan infastruktur jaringan XL Axiata yang sudah ada dalam mendukung meningkatnya permintaan akan layanan 5G. Salah satu produk yang akan digunakan adalah Juniper Networks MX240.

Juniper Networks kemarin di Jakarta menyampaikan bahwa XL Axiata akan menggunakan teknologi dan produk darinya untuk meningkatkan infastruktur jaringan XL Axiata yang sudah ada. Dengan peningkatan yang dimaksud, XL Axiata diklaim akan memiliki fondasi jaringan yang lebih kuat untuk mendukung meningkatnya permintaan akan layanan 5G dan perkembangan ekonomi digital Indonesia. Juniper Networks menyebutkan XL Axiata akan menggunakan teknologi SRv6 (Segment Routing over IPv6) dan produk Universal Routing Platform seri MX-nya.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari perjalanan 5G PT XL Axiata, yang akan mendukung transformasi digital di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Perluasan hubungan jangka panjang ini juga merupakan bukti kemampuan kami untuk membangun jaringan yang scalable dan cerdas secara operasional. Dengan solusi kami yang mengutamakan pengalaman dan kemampuan yang diberikan oleh SRv6, kami yakin bahwa PT XL Axiata akan memberikan pengalaman 5G yang unggul dan terus menyediakan konektivitas kelas dunia di Indonesia untuk waktu yang panjang ke depannya," ujar Perry Sui (Senior Director, ASEAN & Taiwan, Juniper Networks).

"PT XL Axiata sangat senang melanjutkan kerjasama jangka panjang dengan Juniper Networks dan menjadikannya mitra dalam membangun jaringan 5G kami. Dengan memanfaatkan solusi routing dan kemampuan SRv6 Juniper yang terdepan di industri, PT XL Axiata dapat memiliki jaringan yang bisa lebih diandalkan, skalabilitas jaringan yang lebih luas, serta operasional jaringan yang lebih sederhana. Bersama Juniper, kami berharap dapat mendukung ekonomi digital Indonesia dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi sesuai permintaan pelanggan dan pilihan untuk memberikan latensi rendah untuk layanan-layanan 5G ke depan," sebut Fadly Hamka (Group Head Network Planning & Design, XL Axiata)

Produk Universal Routing Platform MX240, MX480, MX960 dan MX2020 dari Juniper Networks akan berfungsi sebagai fondasi jaringan transportasi berbasis SRv6 di XL Axiata. Hal tersebut diklaim bisa memberikan kinerja dan scalability tinggi serta manajemen bagus yang membolehkan XL Axiata untuk menghadirkan pengalaman 5G yang sangat baik. Selain itu, Layanan Profesional Juniper juga dikatakan berperan penting dalam desain dan implementasi SRv6 di jaringan inti XL Axiata, termasuk memastikan interoperabilitas dengan jaringan IP/MPLS XL Axiata yang telah ada.

Menurut Statista, Indonesia diproyeksikan akan memiliki 233,53 juta pengguna internet seluler pada 2026. Sementara, menurut McKinsey & Company, adopsi digital diproyeksikan memberikan dampak sebesar US$150 miliar terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia pada tahun 2025. Penggunaan teknologi dan produk Juniper Networks oleh XL Axiata untuk mendukung peluncuran layanan 5G XL Axiata di seluruh Indonesia tentu sejalan dengan proyeksi-proyeksi tersebut. Apalagi 5G juga diyakini menjadi pilar dalam ekonomi digital Indonesia dan rencana pemulihan pascawabah COVID-19 di tanah air.