Find Us On Social Media :

Telegram Premium Dipastikan Hadir Akhir Bulan Ini, Ini Keunggulannya

By Rizal, Senin, 13 Juni 2022 | 11:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Telegram akan segera meluncurkan layanan berbayar Telegram Premium yang melawarkan banyak fitur pada akhir bulan ini. Hal itu diungkapkan Pendiri Telegram Pavel Durov dalam sebuah postingan di platform.

Lantas apa saja keunggulan Telegram Premium?

Telegram Premium menawarkan pengguna fitur, kecepatan, dan sumber daya tambahan. Kemudian, ada fitur langganan lainnya seperti mengunggah file yang lebih besar dan stiker serta reaksi khusus Premium.

Meski demikian, masih belum diketahui secara pasti seberapa besar ukuran yang dimaksud. Sejauh ini, Telegram masih memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim file dengan ukuran maksimal hingga 1,5 GB.

“Saya percaya Telegram harus didanai terutama oleh penggunanya, bukan pengiklan. Dengan cara ini, pengguna kami akan selalu menjadi prioritas utama kami,” kata Durov dalam postingannya.

Durov mengatakan Telegram Premium menjadi jawaban atas permintaan pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih dari yang ada sekarang. Karena fitur yang lebih banyak akan menambah biaya server, maka layanan berbayar juga bisa menjadi solusi.

"Kami menyadari bahwa satu-satunya cara untuk membuat pengguna dapat tetap menikmati beragam fitur sekaligus menjaganya agar tetap gratis adalah dengan meningkatkan kualitasnya dengan menghadirkan opsi berbayar," kata Durow dalam channel Telegram-nya.

"Oleh karena itu, bulan ini (Juni) kami akan memperkenalkan Telegram Premium, layanan berbayar yang memungkinkan penggunua menggunakan fitur-fitur tambahan, kecepatan, dan sumber daya," imbuh Durov.

Untungnya, Telegram memastikan fitur berbayar tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna gratis dan dapat melihat file yang lebih besar yang diunggah oleh pengguna Premium.

Telegram menggulirkan langganan berbayar pertama kali pada 2020 dan sedang dikerjakan hingga sekarang. Telegram Premium Versi beta menunjukkan pengguna Premium tidak akan memiliki iklan di saluran one-to-many dan memiliki cara untuk menonaktifkan iklan, meskipun melalui langganan premium seperti dikutip The Verge.

Pengguna Telegram gratisan juga masih akan tetap bisa menerima dan melihat dokumen, stiker, atau reactions yang dikirim oleh pengguna berbayar, meskipun pengguna gratis tidak bisa menggunakannya seperti dilansir 9to5Mac.

Sebelumnya, Twitter juga menghadirkan layanan berbayar Twitter Blue yang menghadirkan fitur tambahan kepada orang-orang yang paling sering menggunakan aplikasi. Data yang dikumpulkan dari versi beta aplikasi menunjukkan biayanya 4,99 dolar AS per bulan.