Find Us On Social Media :

Sudah Punya Plan Isi Liburan Sekolah? Shopee Bagikan Tipsnya, Nih

By Indah PM, Kamis, 16 Juni 2022 | 16:30 WIB

Liburan senang, anak riang.

Libur sekolah sudah di depan mata, momen berkumpul bersama keluarga pun menjadi pilihan kegiatan yang paling dinanti. Terlebih lagi, liburan kenaikan kelas kali ini terasa lebih spesial setelah adanya pembatasan aktivitas selama dua tahun terakhir.

Orang tua tentu memiliki peran penting dalam menciptakan momen liburan yang berkesan melalui kegiatan produktif dan bermanfaat bagi anak. Latar belakang inilah yang mendorong Shopee berbagi tips dan inspirasi dalam mempersiapkan kegiatan seru untuk menyambut liburan sekolah melalui acara bertajuk “Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang”.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, menuturkan bahwa liburan merupakan waktu terbaik untuk menikmati quality time dan mempererat keharmonisan antara orang tua dan anak. Selain itu, mengisi liburan dengan agenda-agenda seru dapat menjadi ruang edukasi yang baik dalam menstimulus kemampuan pada anak, seperti belajar bereksplorasi, bersosialisasi, menggunakan imajinasi, dan mengekspresikan diri.

Untuk menstimulus hal tersebut, orang tua perlu memiliki pengetahuan dan memiliki persiapan yang matang demi menciptakan momen berkualitas. Melalui kegiatan talkshow ini, Shopee memberikan kemudahan bagi seluruh penggunanya melalui beragam kampanye, promo spesial, fitur yang tersedia, hingga beragam pilihan jenama, agar Shopee dapat berperan sebagai solusi untuk para orang tua dalam mempersiapkan liburan anak menjadi lebih bermakna.

Shopee bersama Caca Tengker, seorang Mom Influencer, dan Tita Djumaryo selaku Owner of Ganara Art berbagi tips dan inspirasi dalam mempersiapkan kegiatan seru untuk menyambut liburan sekolah, sebagai berikut:

1. Buat agenda liburan dengan aktivitas ‘bermain sambil belajar’.

Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Membuat agenda atau to-do-list bersama dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Selain itu, orang tua juga dapat menjelaskan hal apa yang didapat atau dibangun dari aktivitas ini kepada anak. 

Caca Tengker membagikan rencana aktivitasnya bersama anak-anaknya untuk melatih minat serta kemampuan anaknya, sebagai berikut:

2. Aktivitas seni dapat mendorong kemampuan sensorik dan motorik anak.

Jangan sampai si kecil hanya menghabiskan waktu liburannya untuk bermain gawai atau hanya bermalas-malasan saja. Orang tua dapat memberikan aktivitas yang melibatkan seni di dalamnya. Aktivitas ini sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki ketertarikan atau bakat dalam bidang seni.

Hal serupa didukung oleh Ganara Art yang memiliki beragam aktivitas seni yang juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan bersosialisasi anak. Aktivitas seperti seni lukis, seni kerajinan tangan, seni menari, dan bernyanyi dapat menjadi aktivitas seni yang mudah dilakukan oleh siapapun dan di manapun berada. Orang tua dapat berkreasi untuk memadupadankan aktivitas agar lebih menarik, seperti melukis di kanvas atau mug, melakukan stamping di tas kanvas polos. 

3. Ciptakan suasana hati si kecil agar tetap bergembira.

Tidak dapat dipungkiri bahwa suasana hati anak terkadang memang sulit untuk ditebak. Maka itu, Caca Tengker dan Ganara Art sepakat untuk melakukan hal berikut agar si kecil tetap dalam keadaan yang bersemangat dan gembira:

  1. Mengkomunikasikan dengan tenang dan jelas aktivitas seru apa saja yang akan dilakukan hari ini kepada mereka.
  2. Sebelum memulai aktivitas, dapat diawali dengan storytelling. Hal ini dapat menciptakan imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka menjadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan dimulai. Selain storytelling, mendengarkan cerita anak dengan pertanyaan “bagaimana hari ini?” juga dapat menjadi pembuka yang tepat dan baik. 
  3. Jika anak sudah mulai menunjukkan tidak fokus, orang tua dapat menyisipkan aktivitas bernyanyi bersama atau senam kecil demi menambah keceriaan.
  4. Apresiasi segala proses dan hasil anak. Walaupun nanti hasil dari anak tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua, tetap berikan apresiasi dengan kalimat afirmasi dan dapat juga memberikan hadiah seperti makanan kesukaannya.

Tita menambahkan bahwa sebagai orang tua, penting untuk bermain sambil belajar dengan anak. “Bermain sambil belajar ini memiliki manfaat untuk membantu perkembangan anak dan orang tua dapat memperhatikan secara langsung apa saja yang telah dikuasai atau belum dikuasai oleh anak. Liburan yang menyenangkan dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain mengikuti program liburan kreatif di Ganara Art, orang tua juga dapat bereksplorasi untuk menentukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan,” tutup Tita.