Find Us On Social Media :

Solusi Terbaru Akamai Malware Protection Blokir File Jahat di Edge

By Liana Threestayanti, Kamis, 16 Juni 2022 | 10:30 WIB

Ilustrasi malware, proteksi terhadap malware.

Akamai Technologies, Inc. (Akamai) merilis solusi Malware Protection yang mampu mendeteksi  dan memblokir unggahan berbahaya ke aplikasi web dan API.

Memperluas solusi web application & API protection (WAAP) yang sudah ada, perlindungan terbaru dari malware ini akan mendeteksi dan memblokir malware di edge sehingga unggahan jahat ini tidak akan mencapai sistem yang menjadi target dari infeksi dan penyebaran malware.

Malware Protection dirancang untuk mengatasi masalah file berisi malware yang kemudian diunggah ke aplikasi web, seperti website pariwisata dan hospitality, keuangan, portal pelanggan, dan content management system. 

Menurut Akamai, solusi ini mengusung pendekatan yang modern terhadap perlindungan, dengan melakukan pemeriksaan terhadap file yang diunggah ke aplikasi dan API di jaringan Akamai Intelligent Edge sehingga dapat mendeteksi dan memblokir malware di edge.

Mesin pemindaian(scanning engine) malware sepenuhnya berada di Akamai Intelligent Edge sehingga pelanggan tidak perlu memasang apa pun atau mengubah kode aplikasi apa pun. Model seperti ni disebut Akamai akan lebih mudah di-deploy dan dipelihara daripada pendekatan-pendekatan lain, seperti solusi Internet Content Adaptation Protocol (ICAP) terintegrasi. 

“Banyak proses bisnis di berbagai industri telah beralih ke aplikasi web. Kini pengguna mengunggah jauh lebih banyak file dibandingkan sebelumnya,” ujar Patrick Sullivan, CTO, Security Strategy Akamai. 

Patrick menambahkan, kehadiran Malware Protection ini akan meredam kekhawatiran pelanggan Akamai karena memberikan jaminan lebih kepada aset online pelanggan.