Find Us On Social Media :

Unik! Kognisi.id Hadirkan Edukasi Digital Berbasis NFT KogiVerse

By Wisnu Nugroho, Jumat, 17 Juni 2022 | 21:04 WIB

Salah satu NFT di Kogiverse, program unik dari Kognisi.id

Saat ini, teknologi digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Sayangnya, Indonesia masih tertinggal di sisi infrastruktur digital, kurikulum teknologi, dan jumlah edukator di bidang digital. Studi The World Bank memproyeksikan, Indonesia akan kekurangan 9 juta tenaga kerja ahli di bidang teknologi mulai tahun 2015 hingga 2030 mendatang.

Berangkat dari hal tersebut, Kognisi.id di bawah naungan Kompas Gramedia dan Growth Center menghadirkan KogiVerse, program berbasis NFT (Non-Fungible Token). Program ini bertujuan memberikan dampak terhadap pemerataan edukasi, terutama bagi anak muda yang kurang memiliki akses terhadap edukasi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan di masa depan. Inisiatif ini sejalan dengan visi Kompas Gramedia untuk mencerahkan bangsa.

KogiVerse ini akan segera diluncurkan pada tahun 2022 di blockchain Ethereum. Program ini menjadi salah satu program dari kampanye #NFTuntukEdukasi untuk menyediakan komunitas belajar inklusif bagi anak muda. Nantinya, koleksi NFT KogiVerse akan terdiri dari karya NFT 3D berbentuk karakter Kogi dengan beragam elemen visual. 

Selain itu, koleksi NFT KogiVerse juga akan menampilkan lebih dari 50 kreasi “Special Kogi” yang merupakan buah karya kolaborasi dari sejumlah ilustrator lokal, di antaranya Ardan Kukuh, Raka Jana, Paulus Hutabarat, Nicholas Vallen, Lunetta Maira, Anto Nugroho, Husha Aghniya, Imelda Victoria Nauli H, Stefany Zefanya, Tommy Chandra, Ferdi Darmawan, Aris Suantara, dan masih banyak lagi. 

“Special Kogi” akan menjadi karya seni 3D NFT yang sangat menarik karena para ilustrator tersebut menorehkan ciri khas mereka masing-masing pada setiap karakter Kogi. 

“Di tengah pergerakan tren digital yang dinamis, NFT berhasil menarik perhatian masyarakat dengan mendobrak standarisasi nilai transaksi dan bentuk aset. Untuk itu, Kognisi.id sebagai sebuah platform edukasi berbasis teknologi senantiasa mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai cara, salah satunya menghadirkan kampanye #NFTuntukEdukasi yang melahirkan program KogiVerse. 

Dengan semangat kolaborasi bersama para ilustrator lokal, kami berharap program KogiVerse dapat menjadi wadah yang memfasilitasi lebih banyak anak muda Indonesia dalam mewujudkan versi terbaik diri mereka,” ungkap Chief of Business (CoB) Growth Center, Diptraya P. Ratulangi.

KogiVerse juga secara rutin mengadakan Twitter Space edukatif yang seru terkait teknologi, kreativitas, keberlangsungan lingkungan, dan kesehatan mental bersama sejumlah pembicara yang memiliki ekspertis di bidangnya. 

Pastikan kamu mengikuti akun @kogiversenft di Instagram dan Twitter untuk mengikuti update terbaru dari KogiVerse dan keseluruhan program #NFTuntukEdukasi, serta mengikuti special giveaway untuk mendapatkan kesempatan mengoleksi NFT KogiVerse. KogiVerse mengajak kita semua turut ambil bagian dalam memajukan edukasi bagi anak muda Indonesia lewat teknologi digital bersama Kognisi.id by Kompas Gramedia.