Find Us On Social Media :

Langsung Windows 10, Ini Alasan Microsoft Tidak Luncurkan Windows 9

By Rizal, Sabtu, 18 Juni 2022 | 09:30 WIB

Windows 10

Microsoft rutin meluncurkan pembaruan sistem operasi (OS) Windows, mulai dari Windows 7, 8, 8.1, 10, dan 11.

Uniknya, Microsoft tidak pernah meluncurkan Windows 9 dan itu banyak orang bertanya-tanya mengapa tidak ada Windows 9?

Wakil Presiden Korporat Microsoft Windows, Tony Prophet mengungkapkan Microsoft sempat mempertimbangkan nama Windows 9 tetapi akhirnya Microsoft memutuskan tidak memakai nama Windows 9.

"(Nama Windows 9) datang, lalu menghilang," katanya seperti dikutip Business Insider.

Microsoft tidak ingin penggunanya menyimpulkan Windows versi berikutnya yaitu Windows 10 sama dengan Windows 8 yang telah memiliki reputasi buruk. Angka 9 terlalu dekat dengan angka 8 sehingga perubahan pada OS yang baru terkesan tidak terlalu signifikan.

“Windows 10 bakal menjadi lompatan besar dari Windows 8.1. Kami Kami mencoba menciptakan satu platform, sebuah ekosistem yang bisa menyatukan sebanyak mungkin jenis perangkat dari komputer kecil Internet of Things, hingga tablet, ponsel, PC, dan Xbox,” ucap Prophet.

Versi lainnya, salah satu mantan developer Microsoft yang tidak diketahui pasti identitasnya (anonim) menjelaskan pemilihan nama Windows 10 disebabkan kesalahan sederhana.

Ternyata ada beberapa aplikasi yang mendeteksi Windows dengan cara melihat angka pertama dari nama OS yang bersangkutan. “Pengujian awal mengungkapkan bahwa ada banyak produk pihak ketiga yang memiliki kode bentuk awalan angka 9,” katanya.

Potongan kodw yang digunakan untuk mengidentifikasi versi Windows adalah:

if(version.StartsWith("Windows 9"))

{ /*95 and 98 */

} else {

Dengan kata lain, jika nama versi yang tertulis adalah "Windows 9", aplikasi akan beranggapan OS versi Windows itu dijalankan oleh pengguna adalah "Windows 95" atau "Windows 98" yang sudah berumur belasan tahun.

Karena itu, jika nama "Windows 9" tetap dipakai akan "berbahaya" alias berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas. “Solusi praktisnya adalah melompati nama Windows 9,” pungkasnya.