Find Us On Social Media :

Kalahkan TikTok, Pengguna Aktif YouTube Shorts Tembus 1,5 Miliar

By Rizal, Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:30 WIB

YouTube Shorts

Saat ini pengguna aktif platform menonton video berdurasi pendek YouTube Shorts mencapai lebih dari 1,5 miliar pengguna. YouTube sendiri meluncurkan YouTube Shorts pada 2020 untuk menantang kedigdayaan TikTok.

Pencapaian itu membuat jumlah pengguna YouTube Shorts mengalahkan jumlah pengguna bulanan TikTok. Jumlah pengguna aktif bulanan TikTok mencapai 1 milliar pada September 2021. 

Kehadiran YouTube Shorts mampu melengkapi popularitas penonton video panjang di YouTube. Hal itu dikarenakan banyak kreator YouTube mengalami peningkatan jumlah penonton dan waktu tonton yang signifikan setelah mengunggah klip pendek pada YouTube Shorts.

Para kreator makin sering berkreasi memanfaatkan YouTube Shorts untuk mempromosikan kembali konten yang telah dibuat. YouTube Shorts juga mengajak penonton pindah untuk menonton keseluruhan video dalam durasi yang lebih panjang seperti dikutip The Verge.

Persaingan YouTube dan TikTok menarik. Ketika YouTube menghadirkan Shorts, TikTok justru menambah durasi video mereka menjadi lebih panjang dengan durasi maksimal 3 menit. Karena itu, TikTok menggunakan video yang lebih panjang untuk menarik pengguna melihat konten video pendek pada platform mereka. Sedangkan Shorts dihadirkan YouTube untuk memikat penonton agar beralih ke video berdurasi panjang. 

YouTube sepertinya serius menggunakan Shorts sebagai umpan dari video berdurasi panjang di platform mereka. Hingga kini, keberadaan fitur tersebut diprediksi membantu perkembangan dari perusahaan.