Find Us On Social Media :

Duh! Laptop Chromebook Tak Bisa Pakai Aplikasi Zoom, Ini Penggantinya

By Rizal, Senin, 20 Juni 2022 | 13:30 WIB

Laptop Chromebook

Aplikasi video konferensi ternama di dunia Zoom tidak akan lagi mendukung laptop Chromebook mulai Agustus. Zoom juga sudah mengirimkan notifikasi penghapusan aplikasi kepada pengguna Chromebook.

"Kami tidak akan lagi mendukung Chromebook mulai Agustus 2022," kata Zoom seperti dikutip 9to5Google.

Untungnya, Zoom menghadirkan solusi pengganti yaitu Zoom yang mendukung Progressive Web App (PWA) di Chromebook. Jadi, pengguna yang ingin memakai Zoom di ChromeOS, harus mengaksesnya melalui aplikasi web.

"Anda bisa menggunakan Zoom untuk Chrome PWA baru supaya bisa bergabung ke rapat di ChromeOS," ujarnya.

Aplikasi Chrome PWA sudah dipakai untuk Zoom sejak 2021. Zoom juga memiliki aplikasinya dengan serangkaian pembaruan fitur. Zoom untuk Chrome PWA merupakan aplikasi yang lebih lengkap dibanding aplikasi aslinya seperti di Windows atau macOS. 

Zoom untuk Chrome PWA juga memiliki antarmuka yang lebih mutakhir, termasuk background yang dapat dibuat blur. Pengguna yang masih memakai aplikasi Zoom versi Chrome lawas masih dapat menjalankan aplikasinya.

Alasan Zoom tidak mendukung Chromebook karena aplikasi Chrome PWA sudah tersedia dalam beberapa tahun, dengan fungsi yang sederhana tanpa tambahan fitur khusus. Zoom bahkan tidak menghadirkan pembaruan yang signifikan pada aplikasi versi Chromebook tersebut di samping versi lainnya.

Alasan lainnya, aplikasi Zoom untuk Chromebook karena aplikasi itu dibangun oleh teknologi lama. Teknologi yang dimaksud lawas di sini adalah aplikasi Chrome "tradisional" yang dinilai tidak begitu relevan untuk digunakan lagi saat ini.

Apalagi, Google sudah mengumumkan akan menghapus aplikasi Chrome lawas itu di semua platform pada Agustus 2020. Pada beberapa platform seperti Windows, Mac dan Linux bahkan dukungannya sudah berakhir pada Juni 2021. Pada Juni 2022, Google juga akan menarik aplikasi Chrome lawas di ChromeOS.