Find Us On Social Media :

Alasan Pakai Platform Iklan MGID, Jawab Ekspektasi Pengalaman Pengguna

By Rizal, Kamis, 23 Juni 2022 | 14:35 WIB

MGID

MGID, platform periklanan global, terus memberikan pengalaman positif kepada salah satu publisher papan atas Indonesia, Detik.com. Saat memulai kerjasama dengan MGID pada tahun 2018, Detik mengimplementasi unit rekomendasi konten MGID untuk meraih monetisasi, interaksi pengguna, dan target akuisisi pengunjung baru. Rekomendasi konten adalah sistem untuk menyarankan konten kepada pengunjung yang melihat situs web Anda yang menarik berdasarkan apa yang sudah mereka minati 

Pada Desember 2021, MGID meluncurkan fitur High Safety Ranking, yaitu sebuah sistem klasifikasi iklan yang sangat informatif namun mudah dicerna. Fitur ini bertujuan memberi publisher kendali lebih besar atas placement iklan di MGID dan kualitas iklan di dalamnya. Setelah fitur ini diluncurkan, Detik memutuskan untuk juga menggunakannya. Arief Rizqi Masardi, Head of Ads Operation Division Detik Network, mengatakan, “High Safety Rankings (HSR) MGID terbukti memberikan hasil yang memuaskan bagi Detik. HRS mampu memastikan kualitas konten iklan dengan permintaan premium. Fitur ini fokus pada keamanan merek publisher dan menjaga audiens publisher”. Masardi juga mengatakan bahwa HSR MGID menghasilkan kinerja keseluruhan yang baik dari widget MGID untuk Detik yang dapat digunakan sebagai tolok ukur kinerja untuk mitra-mitra lain. 

Safety Ranking MGID memungkinkan publisher menentukan peringkat iklan melalui beberapa persyaratan, perijinan, dan pembatasan. Setelah persyaratan keamanan iklan ditetapkan, Safety Ranking memberi publisher perangkat untuk memfilter konten iklan yang tidak memenuhi syarat keamanan merek mereka dan memastikan hanya iklan kualitas tinggi yang bisa tayang di seluruh platform publisher. 

Safety Ranking mengidentifikasi item iklan mana yang dapat diterima dan mana yang meragukan di seluruh jaringan publisher. Masardi mengatakan kinerja iklan MGID terus menunjukkan perkembangan positif dan membantu Detik.com untuk berkembang pula. Para manajer iklan membantu mengoptimalkan hasil setiap placement, dan memastikan penghasilan yang didapat tidak merugikan pengalaman pengguna Detik. Iklan MGID mengutamakan pengguna, dan memberikan pengalaman iklan yang menghargai dan tidak mengganggu pengguna. 

“HSR MGID membantu meningkatkan kinerja iklan kami dengan cukup signifikan. Sebelum menerapkan HSR, kami biasanya mendapatkan penghasilan USD 100 – 150 per hari tetapi setelah menggunakan HSR kami bisa mendapatkan dua kali lipatnya. Kami mendapatkan kenaikan 100% dibanding sebelumnya. Iklan berkualitas yang relevan menghasilkan lebih banyak klik dan lebih banyak pendapatan. HSR tidak menurunkan kinerja seperti yang diperkirakan banyak pihak. Kami benar-benar mengalami peningkatan pendapatan,” jelas Masardi. 

“Misi MGID adalah untuk menyediakan solusi teknologi yang fleksibel dan inovatif untuk menjaga dan meningkatkan pengalaman pengguna dan di saat yang sama, memungkinkan merek untuk menjangkau dan terlibat dengan audiens yang tepat,” ujar Svitlana Samoilenko, Head of Publisher Acquisition APAC. 

“MGID juga mengembangkan dan menjalankan proses keamanan merek yang meminimalkan risiko kesalahan penempatan iklan untuk mitra periklanan dan publisher. Dengan cara ini, kami dapat memberikan hasil bagus kepada klien tanpa mengorbankan pengalaman pengguna,” tambah Svitlana. 

Kerjasama MGID dan Detik sudah berjalan lima tahun dan MGID terus memberikan layanan yang cepat dan prima kepada Detik.com dalam hal hubungan klien dan menjawab feedback. Dari sisi kualitas layanan, Masardi mengatakan bahwa MGID merespon keluhan akan iklan dengan cepat dan memberi nilai positif bagi mitra publisher MGID. “Feedback MGID akan keluhan iklan sangat cepat dan ditangani dengan sangat baik. Saya yakin dengan fitur ini, MGID akan terus meningkatkan kinerja iklan, memfilter iklan dengan lebih baik, dan menunjukkan bahwa native ad juga bisa aman,” tambah Masardi. 

Terkait hal ini, Svitlana mengatakan bahwa MGID selalu mencari cara untuk meningkatkan diri dengan lebih baik. 

“Dengan bangga kami mengumumkan fitur mendatang kami, dasbor moderasi permintaan, yang akan memberi publisher kendali lebih besar atas placement iklan MGID mereka. Fitur ini akan memungkinkan publisher mempertahankan kendali penuh atas jenis konten iklan dengan menetapkan syarat keamanan dan memfilter jenis permintaan yang sesuai demi memenuhi harapan pengalaman pengguna mereka, ”pungkas Svitlana.