Find Us On Social Media :

Animator Indonesia, Wahyu Ichwandardi atau Pinot, terkena stroke

By Wisnu Nugroho, Minggu, 26 Juni 2022 | 11:20 WIB

Animator Indonesia, Wahyu Ichwandardi atau Pinot, saat ini sedang terbaring di RS

Wahyu Ichwandardi atau biasa dipanggil Pinot atau Papin, saat ini dalam kondisi kurang sehat. Seperti diungkap sang istri, Dita W. Yolashanti, Pinot terkena serangan stroke dan saat ini terbaring di rumah sakit.

Pinot sendiri adalah animator Indonesia yang sukses menembus pasar internasional. Saat ini ia bekerja di Grape Story, sebuah advertising agency di New York, AS. Sebelumnya, Pinot bekerja di stasiun televisi Kuwait, Al Watan, sebagai motion graphic designer.

Di luar karir profesional, Pinot dikenal dengan karya unik dan inovatifnya. Contohnya melakukan animasi yang menggabungkan animasi dan lingkungan sekitar. Contohnya seperti video di bawah ini, menggunakan karakter anak ayam yang menjadi ciri Pinot selama ini.

Pinot juga banyak bereksperimen dengan pixel art. Pixel art sendiri adalah karya digital yang dengan jelas menampilkan pixel, sehingga mengembalikan kenangan masa lalu ketika komputer masih menggunakan grafik dengan resolusi rendah.

Salah satu project terbaru Pinot adalah pixel art yang menangkap keseharian New York.

Darah seni Pinot sendiri bisa ditelusuri dari sang ayah, Dwi Koendoro Brotoatmodjo alias Dwi Koen atau Pak DeKa. Dwi Koen ini adalah kartunis dan animator yang terkenal dengan karya komik strip Panji Koming yang rutin ditayangkan di Harian Kompas.

Uniknya, jiwa seni Pinot ini juga menurun ke tiga anaknya, Arwen, Leia, dan Neo. Bahkan satu keluarga ini sering membuat karya bersama. Salah satunya adalah membuat motion graphic yang terinspirasi dari thriller film Spider-Man: Into the Spider-Verse.

Kabar sakitnya Pinot tentu saja mengundang kesedihan banyak orang. Semoga Pinot dapat sembuh dan kembali menghibur dunia dengan karya inspiratifnya.