Belum lama ini TikTok, platform media sosial berbasis video pendek, memperkenalkan “Follow Me”, sebuah program yang bertujuan membangun kesadaran dan membantu UKM di Asia untuk memanfaatkan TikTok guna membangun bisnisnya.
Program “Follow Me” yang berdurasi enam minggu ini akan dimulai pada akhir Juni hingga awal Agustus. Follow Me akan membekali UKM dengan informasi, tips, dan wawasan dari sesama pengguna di dalam platform mengenai perjalanan bisnis mereka di TikTok.
Dengan kata lain, Follow Me akan memandu UKM yang hendak menuangkan cerita mereka ke dalam video kreatif sekaligus membangun komunitas mereka di dalam platform.
“Para pemilik bisnis UKM dituntut untuk memainkan banyak peran demi keberlangsungan bisnisnya, mulai dari menjadi seorang CEO, kepala pemasaran, hingga menjadi tetangga yang ramah sekaligus pilar fondasi untuk mendukung rekan sejawatnya. Kami memahami bahwa para pelaku bisnis UKM memiliki banyak peran dan tanggung jawab, dan program Follow Me akan membekali UKM dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka butuhkan untuk digunakan secara efektif sebagai daya ungkit maksimal pertumbuhan bisnisnya,” ujar Esme Lean, Head of Small and Medium Businesses, TikTok APAC.
Untuk membantu para UKM mengakses sumber daya guna mengawali perjalanan mereka, TikTok membuat laman pembuka (splash page) khusus pada 7 Juli yang berisi tutorial dari UKM yang berada di wilayah Asia.
Beberapa UKM antara lain merek tas Oktaviana Tas Grosir, perusahaan kecantikan, kesehatan, dan kebugaran Fondokmai, produsen saus Purefoods, pusat pembelajaran Bahasa Inggris Step Up English, merek kosmetik Alive Lab, toko roti Goldelucks.
Nantinya para UKM ini akan menceritakan perjalanan bisnis mereka di TikTok, sekaligus berbagi kiat tentang cara memanfaatkan kekuatan komunitas dan elemen hiburan untuk memenangkan hati konsumen secara daring.
Laman pembuka ini juga akan mengkurasi beragam kategori pembelajaran berdasarkan tujuan pengunjung.
Selain itu, TikTok juga akan mengirimkan serangkaian materi pembelajaran selama 6 minggu yang berisi panduan praktik terbaik untuk memulai kampanye pertama mereka di TikTok sekaligus mengintegrasikan kisah brand mereka ke dalam konten video.
Para pemilik UKM juga disuguhkan dengan manfaat lainnya seperti informasi untuk menyiapkan Akun Bisnis gratis, akses menuju Creative Centre untuk menemukan inspirasi konten, serta wawasan mengenai bagaimana fitur Ads Manager dan Promotion di TikTok dapat dimanfaatkan untuk memperkuat hasil kampanye.
Bersama program Follow Me, diharapkan bisnis apa pun dapat mengintegrasikan beragam format kreatif yang tersedia di TikTok ke dalam strategi pemasaran.
Mulai dari berinteraksi, terhubung dengan audiensi, dan terlibat langsung dengan audiensi yang masif di TikTok.
Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Gampang dan Gratis
Baca Juga: Penasaran apa arti kata Freaky yang sedang populer di TikTok?