Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Papan Pengembangan MCU 8 Bit Baru yang Dukung 5G

By Cakrawala, Rabu, 6 Juli 2022 | 10:00 WIB

Microchip mengumumkan papan pengembangan MCU 8 bit baru. AVR-IoT Cellular Mini Development Board ini ditujukan Microchip untuk membantu para pengembang membangun perangkat IoT dan menghubungkannya ke jaringan 5G.

Microchip bulan lalu mengumumkan papan pengembangan MCU (microcontroller unit) 8 bit barunya di dunia. Papan pengembangan MCU 8 bit baru itu ditujukan Microchip untuk membantu para pengembang membangun perangkat IoT (internet of things) dan menghubungkannya ke jaringan 5G. Papan pengembangan MCU 8 bit yang dimaksud berbasiskan AVR128DB48 yang merupakan salah satu MCU 8 bit dari Microchip.

Disebut dengan "AVR-IoT Cellular Mini Development Board", Microchip menyebutkan papan pengembangan MCU 8 bit baru tersebut membantu para pengembang membangun perangkat IoT yang terkoneksi ke jaringan seluler, tepatnya NB-IoT (narrowband IoT) dan LTE-M (LTE-MTC — long term evolution machine type communication). Meski berawal pada era sebelum 5G, NB-IoT dan LTE-M terus dikembangkan dan kini menjadi bagian dari spesifikasi 5G.

“Microchip terus memperluas rangkaian MCU 8-bit AVR bagi pengembang agar dapat terus mengimplementasikan berbagai desain embedded dengan lebih mudah dan fleksibel,” ujar Greg Robinson (Vice President Marketing unit bisnis MCU 8-bit Microchip). “Kemampuan untuk menghubungkan perangkat jarak jauh dan seluler ke jaringan narrowband 5G dengan MCU 8-bit membuka peluang baru untuk perangkat yang dioperasikan dengan baterai karena beberapa faktor utama seperti daya rendah yang dikombinasikan dengan periferal analog berkualitas tinggi,” tambahnya.

Microchip menambahkan AVR-IoT Cellular Mini Development Board memiliki ukuran ringkas dan cocok untuk perangkat IoT yang berada di area yang kurang terjangkau oleh solusi LPWAN (low power wide area network) lainnya. Begitu pula dengan perangkat IoT yang on the go.

Adapun untuk AVR-IoT Cellular Mini Development Board-nya sendiri, Microchip bekerja sama dengan Sequans dan Truphone. Sequans menyediakan Monarch 2 GM02S yang merupakan radio cip tunggal yang dilengkapi dengan 5G LTE-M dan NB-IoT, sedangkan Truphone menyediakan kartu SIM yang meanawarkan cakupan yang andal secara global.

“Monarch 2 GM02S adalah solusi LTE-M dan narrowband IoT yang 5G ready pada satu cip, yang kami rancang khusus untuk aplikasi narrowband IoT termasuk sensor, perangkat yang dapat dikenakan, dan perangkat data rendah berdaya rendah lainnya,” ujar Didier Dutronc (Executive Vice President Partnership Strategy di Sequans). “Dengan bermitra dengan Microchip pada AVR-IoT cellular board-nya, kami dapat menyederhanakan dan menurunkan biaya desain perangkat IoT,” imbuhnya.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan cara baru untuk menghubungkan berbagai pihak melalui teknologi embedded SIM (eSIM) kami yang inovatif,” kata Steve Alder (Chief Business Development Officer Truphone). “Dengan memiliki dan mengoperasikan semua elemen ekosistem eSIM secara in-house serta memiliki akses ke sejumlah besar jaringan seluler berdaya rendah melalui SKU SIM tunggal, kami dapat menghadirkan layanan seluler yang future proof bagi pelanggan Microchip yang ingin menghubungkan perangkat IoT,” tegasnya lagi.

Papan pengembangan MCU 8 bit baru dari Microchip ini telah tersedia. AVR-IoT Cellular Mini Development Board ditawarkan dengan harga US$59,99.