Find Us On Social Media :

Meta Tutup Layanan Dompet Digital Novi, Bagaimana Nasib Uang Pengguna?

By Rizal, Minggu, 3 Juli 2022 | 14:00 WIB

Facebook Novi

Akhirnya, Meta mengakhiri uji coba dompet digital Novi pada 1 September 2022 dan memastikan para pengguna akan kehilangan akses ke akun Novi pada September.

Meta juga memastikan para pengguna tidak dapat lagi menambahkan uang ke Novi mulai 21 Juli. Bahkan, Meta meminta para pengguna untuk menarik dana mereka sesegera mungkin.

Jika seseorang lupa untuk menarik sisa saldo mereka, Meta akan "mentransfer" dana pengguna ke rekening bank atau kartu debit.

Sebelumnya, Meta telah memperkenalkan dompet digital Novi ke pengguna di AS dan Guatemala pada Oktober lalu. Awalnya Novi dibangun untuk mendukung transaksi cepat dan gratis menggunakan cryptocurrency yang didukung Meta, Diem.

Untungnya, Meta akan terus menambahkan dukungan untuk Diem yang sebelumnya bernama Libra di kemudian hari seperti dikutip The Verge.

Banyak pihak yang menyoroti dan mengawasi proyek cryptocurrency Facebook sehingga Libra harus berganti nama menjadi Diem. Bahkan, Anggota Senat AS meminta Meta menutup proyek Novi karena Meta tidak dapat dipercaya untuk mengelola cryptocurrency.

Juru bicara Meta Lauren Dickson mengatakan Meta akan memanfaatkan teknologi yang dikembangkannya bersama dengan proyek "pada produk baru, seperti koleksi digital," karena terlihat ke arah "membangun metaverse." Meta telah mulai menguji NFT (non-fungible token) di Instagram. Baru-baru ini, Meta meluncurkan dukungan untuk NFT di Facebook.

Meta juga dilaporkan sedang mengerjakan mata uang digital, yang disebut "Zuck Bucks," yang tidak didasarkan pada blockchain.

CEO Meta Mark Zuckerberg juga mengisyaratkan untuk membuat dompet digital yang membantu pengguna untuk mengelola dan menyimpan "pakaian digital, seni, video, musik, pengalaman, acara virtual, dan banyak lagi."

Dompet digital akan dapat dioperasikan di seluruh pengalaman metaverse berbeda. Hal ini mencerminkan tujuan dari Metaverse Standards Forum yang dibentuk oleh Meta dan sekelompok perusahaan lain, yang menyerukan standar industri di seluruh virtual reality dan pengalaman augmented reality.