Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan maXTouch KoD yang Mungkinkan Desain Lebih Fleksibel

By Cakrawala, Minggu, 10 Juli 2022 | 15:00 WIB

Microchip mengumumkan lini touchscreen controller barunya, maXTouch KoD. Lini baru yang masuk dalam keluarga maXTouch ini memungkinkan desain yang lebih fleksibel dan biaya yang lebih hemat.

Microchip beberapa waktu lalu mengumumkan mengenai lini touchscreen controller barunya yang masuk ke dalam keluarga maXTouch di dunia. Lini baru dari Microchip maXTouch yang diumumkan ini merupakan KoD (Knob-on-Display) touch controller. Microchip menyebutkan maXTouch KoD menawarkan fitur yang memungkinkan desain yang lebih fleksibel dan sistem yang lebih hemat biaya akan HMI (human machine interface) di otomotif maupun industri.

Microchip mengeklaim maXTouch KoD membolehkan kenop fisik untuk dipasang secara langsung pada displai. Microchip maXTouch KoD mendukung secara native pedeteksian dan pelaporan dari rotary encoder kapasitif dan mendukung pula saklar mekanis di atas layar sentuh. Berhubung mendukung rotary encoder kapasitif, pengguna tidak perlu memakai rotary encoder konvensional yang memerlukan bagian yang terbuka dari displai maupun kustomisasi terhadap pola sentuh. Alhasil lebih fleksibel dan bisa menekan biaya. Microchip pun mengeklaim maXTouch KoD sebagai lini touchscreen controller kelas otomotif pertama yang mendukung hal yang dimaksud.

“HMI modern umumnya menggunakan displai multisentuh dan menggantikan tombol mekanis untuk desain terbaru dan mutakhir. Namun, fungsi seperti suhu atau volume audio tetap dikendalikan terbaik melalui suatu rotary encoder,” ujar Clayton Pillion (Vice President unit HMI Microchip). “Teknologi maXTouch KoD yang baru menawarkan keunggulan dari kedua hal tersebut dengan memberikan dukungan rotary encoder kapasitif dengan rangkaian turnkey touch controller dan rangkaian lengkap alat khusus untuk suatu implementasi yang cepat,” tambahnya.

Terdapat dua varian maXTouch KoD yang ditawarkan Microchip. Kedua varian itu adalah KD dan MK. Microchip maXTouch KoD varian KD membolehkan pengguna untuk memilih mitra desain kenop yang diinginkan dan membuat solusinya sendiri menggunakan desain referensi sehingga bisa menyesuaikan desain yang dimaksud untuk penggunaan spesifik. Desain referensi ini sendiri dikembangkan Microchip bersama dengan BNL Bearings.

Sementara, Microchip maXTouch KoD varian KD mendukung kenop Magic Knob yang dikembangkan Panasonic. Solusi Microchip Panasonic Magic Knob diklaim menawarkan level konstumisasi tinggi untuk rotasi dan push haptic feedback. Selain itu, solusi ini juga menawarkan pilihan akan material kover.

Microchip maXTouch KoD telah tersedia. Terdapat empat SKU, yakni ATMXT2912TD-A KD, ATMXT2113TD-A KD, ATMXT2912TD-A MK, dan ATMXT2113TD-A MK. Namun, Microchip tidak menyebutkan harga dari masing-masing SKU. Selain ketersediaan Microchip maXTouch KoD yang diumumkan; seperti biasa, perkakas pengembangan untuk touchscreen controller bersangkutan juga telah tersedia.