Find Us On Social Media :

SnackVideo-Kemendikbud Ristek Gelar Kompetisi Video Pendek Kreatif

By Indah PM, Sabtu, 16 Juli 2022 | 08:00 WIB

SnackVideo-Kemendikbud Ristek

Platform media sosial berbasis video pendek, SnackVideo, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek (Kemendikbud Ristek) mengajak pengguna internet Indonesia untuk berkreasi lewat konten video pendek yang edukatif, positif, dan kaya unsur budaya Indonesia lewat kampanye #LebihBaikLagi.

Kampanye yang dimulai pada 11-31 Juli 2022 ini pun sudah mencatat lebih dari 6.600 unggahan konten video pendek dan sudah ditonton oleh lebih dari 4,4 juta pengguna. Ada banyak pilihan konten video pendek yang menarik dengan pesan edukatif dan inspiratif, seperti tema tentang olahraga, kuliner, kesenian tradisional, dan budaya Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, mendukung penuh kerja sama dengan SnackVideo. “Kolaborasi kampanye kreasi video pendek bertagar #LebihBaikLagi ini mengangkat karakter luhur bangsa Indonesia seperti integritas, etos kerja, dan gemar bergotong-royong. Kami percaya bahwa penyebaran nilai budaya dan tradisi Indonesia melalui platform digital akan dapat terus menginspirasi tumbuhnya rasa bangga dan kecintaan terhadap budaya Indonesia sekaligus memperkuat identitas kita sebagai bangsa yang kaya akan berbagai nilai dan warisan budaya,” tutur Hilmar.

Dalam kampanye #LebihBaikLagi, para kreator konten dan pengguna SnackVideo dapat menemukan berbagai konten dan kreasi dengan berbagai tagar, seperti yang telah tersedia antara lain tagar #LebihBaikBerbudaya, yang membedah berbagai tradisi dan budaya khas dari Sabang hingga Merauke, lalu ada tagar #LebihBaikOlahraga, seperti contohnya mengajak masyarakat untuk berolahraga yang baik dan efisien, atau #LebihBaikKuliner, diperuntukkan bagi penggemar konten kuliner masakan khas Indonesia yang kaya akan cita rasa hingga tips berbisnis makanan.

Head of Operations SnackVideo Indonesia, Yugo Prabowo mengatakan bahwa ide cerita video pendek yang dikreasikan harus memiliki beberapa kriteria seperti mengandung unsur ajakan positif, menginspirasi, relevan dengan kehidupan keseharian, dan tentunya dikemas dengan menarik.

“Kami juga ingin melihat lebih banyak narasi yang edukatif dari para kreator SnackVideo dalam menyampaikan pesan pelestarian budaya,” ucap Yugo.

Nantinya para pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dan hadiah penghargaan menarik lainnya. Ada pun rangkaian kampanye ini nantinya akan berakhir pada bulan Agustus 2022 mendatang dengan seremoni penutupan bersama Kemendikbudristek dan perwakilan kreator konten SnackVideo.