Find Us On Social Media :

Fasilitasi Komunikasi Global, Truecaller Luncurkan Open Doors

By Liana Threestayanti, Kamis, 14 Juli 2022 | 14:30 WIB

Truecaller meluncurkan Open Doors, sebuah aplikasi baru untuk percakapan audio pribadi. Apa saja kemampuannya?

Truecaller meluncurkan Open Doors, sebuah aplikasi baru untuk percakapan audio pribadi. Apa saja kemampuannya?

Aplikasi Open Doors tersedia gratis untuk pengguna global di Google Play Store & Apple App Store. 

Nami Zarringhalam, Co-founder True Software Skandinavia AB, menuturkan, aplikasi Truecaller yang telah hadir selama 13 tahun memungkinkan perusahaannya mempelajari cara orang berkomunikasi. 

"Aplikasi baru kami, Open Doors, lahir dari pertanyaan sederhana, yaitu bagaimana kami dapat membantu orang membuat koneksi baru tanpa mengganggu? Dan yang ingin kami lakukan adalah menjembatani dunia menggunakan bentuk komunikasi yang paling alami, yakni suara kita," jelas Nami Zarringhalam, Co-founder True Software Skandinavia AB.

Bagaimana cara kerja aplikasi Open Doors? Pengguna Truecaller dapat masuk ke aplikasi ini dengan satu ketukan. Jika bukan pengguna Truecaller, nomor telepon kita akan diverifikasi terlebih dulu menggunakan missed call atau OTP. 

Aplikasi ini hanya membutuhkan dua izin, yaitu contacts (agar pengguna dapat berbagi Open Doors atau terhubung dengan sesama pengguna Open Doors yang ada di kontak kita) dan phone permission (agar dapat melakukan percakapan audio). Peserta dalam percakapan tidak dapat melihat nomor telepon satu sama lain.

Saat mulai membuka aplikasi ini, antarmuka aplikasi akan tersedia dalam bahasa Inggris, India, Spanyol, Latin, dan Prancis. Truecaller menjanjikan lebih banyak bahasa yang disematkan pada aplikasi, sesuai permintaan pengguna.

Pengguna Open Doors dapat memulai atau menghentikan percakapan kapan saja. Teman kita dapat bergabung dalam percakapan ketika mereka memperoleh pemberitahuan atau dengan mengklik tautan yang kita bagikan. 

Setelah teman kita bergabung dalam percakapan, teman-teman mereka juga akan diundang. Melalui efek jaringan, kita dapat segera bergabung dengan banyak orang. 

Perlu diingat bahwa percakapan secara real-time dan dimoderasi oleh komunitas, seperti Truecaller. Percakapan tidak direkam di mana pun dan seseorang juga tidak dapat mendengarkan tanpa kita sadari. 

Dalam siaran persnya, Truecaller menjelaskan bahwa ada sejumlah inovasi yang sedang dalam pengembangan oleh tim small beta tester, seperti kendali untuk mengatur circle of contacts terdekat (agar orang lain di kontak pengguna yang memiliki Open Doors tidak akan selalu mendapatkan pemberitahuan ketika pengguna memulai percakapan). Inovasi lainnya adalah kendali untuk bereaksi terhadap apa yang dikatakan orang dan kontrol yang tepat ketika aplikasi memberitahu pengguna tentang percakapan baru.