Find Us On Social Media :

Intel Akan Naikkan Harga Chip Tahun Ini, Harga Komputer PC Makin Mahal

By Rizal, Minggu, 17 Juli 2022 | 09:30 WIB

Intel Core

Intel akan menaikkan harga CPU, chip WiFi dan chip lainnya pada akhir tahun ini, menyusul pemberitahuan Intel ke para pelanggannya tentang kenaikan harga.

Tentunya, kenaikan harga chip Intel turut menggenjot kenaikan harga komputer PC dan laptop di pasar.

Nikkei memprediksi kenaikan harga chip Intel sebesar 20 persen walaupun Intel belum mengungkapkan harga terbaru chipnya.

Intel terpaksa menaikan harga chipnya karena beberapa faktor yaitu inflasi ekonomi. Belum lagi, kenaikan biaya bahan, pengiriman, dan tenaga kerja.

“Intel akan meningkatkan harga di segmen tertentu karena tekanan inflasi. Perusahaan telah mulai memberi tahu pelanggan tentang perubahan ini," kata juru bicara Intel dalam sebuah pernyataan kepada Nikkei seperti dikutip The Verge.

Inflasi telah mempengaruhi harga jual rata-rata PC di dunia dan membuat pengiriman PC anjlok di seluruh dunia. Bayangkan! pengiriman komputer PC turun hampir 13 persen pada kuartal ini.

“Ini adalah penurunan paling tajam dalam sembilan tahun untuk pasar PC global, yang disebabkan oleh tantangan geopolitik, ekonomi, dan rantai pasokan yang berdampak pada semua pasar regional,” kata Gartner.

Gartner melanjutkan Pasar PC global mengalami pertumbuhan yang fenomenal selama dua tahun pertama pandemi tetapi permasalah bahan bakar, dan harga makanan meningkat, dan banyak orang yang mulai beraktivitas ke luar rumah membuat harga komputer PC kembali melemah.

“Ini adalah kemunduran besar dalam total volume setelah dua tahun pertumbuhan yang sangat kuat yang dirangsang oleh Covid-19 dan minat baru pada PC di kalangan konsumen dan segmen pendidikan,” kata Mikako Kitagawa (Direktur Riset Gartner).