Find Us On Social Media :

Tidak Ada Windows 9 Sebelum Windows 10, Apa Alasan Microsoft?

By Liana Threestayanti, Selasa, 19 Juli 2022 | 13:00 WIB

Saat nama Windows 10 pertama kali diumumkan, ada satu pertanyaan menggelitik pengguna Windows,

Saat nama Windows 10 pertama kali diumumkan, ada satu pertanyaan menggelitik di hati banyak orang, terutama pengguna Windows, "Windows 9-nya mana?"

Pasalnya setelah Windows 7, Microsoft menggunakan kode angka yang berurutan untuk menamai sistem operasi Windows terbaru, yaitu Windows 8 dan 8.1, Windows 10, dan terakhir Windows 11.

Yang menarik, dilewatinya Windows 9 ini langsung ke Windows 10, sempat menjadi bahan candaan para staf Microsoft. Business Insider memberitakan di ajang Build 2015, Joe Balfiore yang saat itu menjabat sebagai Corporate VP of Operating Systems di Microsoft tertangkap basah mengenakan T-shirt bertuliskan kode biner. 

Tidak ada yang aneh pada T-shirt itu. Namun empat kalimat berupa kode biner di setiap kuadran logo Windows itu seperti menjelaskan “nasib” Windows 9: “Windows 10, because 7 8 9” (dibaca: Windows 7 “ate” Windows 9, atau Windows 7 “makan” Windows 9).

Tapi apa alasan sebenarnya Microsoft sengaja melewatkan nama “Windows 9”? Ada beberapa teori yang beredar saat pertama kali Windows 10 diluncurkan. 

Baca juga: Nih! Lima Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 agar Tidak Lambat

Misalnya, salah satu yang diterima secara luas dan masuk akal adalah teori dari Redditor. Diduga, banyak program legacy menggunakan "Windows 9" sebagai referensi ke Windows 95 dan 98 dalam kode mereka. Untuk menghindari masalah teknis yang besar, Microsoft memutuskan untuk menamai sistem operasi barunya, "Windows 10".

Alasan ini paling masuk akal tapi bukan alasan resmi dari Microsoft. Menurut sejumlah media asing, sumber-sumber resmi Microsoft menyebut alasan marketing di balik tidak dipakainya nama Windows 9. 

Menurut Mary Jo Foley, seorang penulis teknologi terkenal dan kerap menulis tentang Microsoft,  perusahaan menggunakan "Windows 10" karena ingin menyatakan bahwa sistem operasi tersebut akan menjadi pembaruan besar terakhir pada Windows. Jadi, angka 10 seolah ingin mengatakan tidak akan ada lagi rilis Windows X".

Mary juga menulis, seperti dikutip dari Lifewire.com, ke depannya Microsoft akan secara berkala meluncurkan update Windows 10 yang sifatnya minor.

Namun kemudian kita sama-sama tahu, Windows 10 bukan versi terakhir Windows karena Microsoft meluncurkan Windows 11.

Alasan lain mengapa tidak ada Windows 9 adalah karena angka “9” dianggap angka sial. Ada pula yang mengatakan bahwa angka 8 dan 9 terlalu dekat. Microsoft tidak ingin pengguna Windows mengasosiasikan sistem operasi yang baru dengan Windows 8 yang dianggap gagal. 

Baca juga: Windows 10 dan 11 Ada di 1,4 Miliar Perangkat, Begini Sejarah Windows