Find Us On Social Media :

Cara Membuat Kuis dan Polling di Zoom Meeting, Biar Lebih interaktif

By Wisnu Nugroho, Selasa, 19 Juli 2022 | 15:24 WIB

Cara membuat polling di Zoom Meeting

Sejak pandemi, Zoom Meeting telah menjadi bagian penting dari kehidupan digital kita. Zoom Meeting memungkinkan kita untuk bekerja, belajar, dan bertutur sapa secara digital. Bahkan ketika pandemi sudah mereda, peran Zoom Meeting tetap terasa penting.

Enaknya lagi, Zoom Meeting juga terus menambah fiturnya agar interaksi di dalamnya menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah fitur kuis atau polling. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui pendapat dari peserta meeting.

Atau jika Anda menggunakan Zoom Meeting untuk belajar, Anda bisa mengetes pemahaman akan materi dengan memberikan kuis di akhir kelas. Pendek kata, fitur kuis dan polling ini akan membuat Zoom Meeting Anda semakin interaktif.

Cara membuat kuis/polling ini juga mudah, seperti kami tunjukkan di bawah ini. Namun perlu dicatat, fitur ini cuma ada di Zoom Meeting versi Pro (alias berbayar).

Begini cara membuat kuis dan polling di Zoom Meeting

  1. Pastikan sudah aktif. Fitur kuis dan polling ini harus Anda aktifkan dulu di menu Admin Zoom. Login di zoom.us, lalu pilih Setting>Meeting. Cari menu berbunyi Meeting Polls/Quizzes, lalu aktifkan melalui toggle yang tersedia

    Pilihan polling harus diaktifkan dulu dari akun Admin Zoom

  2. Buat Polling di Meeting. Jika sudah aktif, menu Polls akan tersedia di halaman setting meeting Anda. Klik tombol +Create untuk membuat kuis atau polling 

  3. Buat Polling. Setelah tombol Create ditekan, akan muncul menu untuk membuat pertanyaan. Anda tinggal ketikkan pertanyaan dan memilih bentuk jawaban. Jawaban bisa single choice (hanya satu jawaban benar) atau multiple choice (beberapa jawaban benar)

    Anda bisa menentukan bentuk jawaban, apakah single choice atau multiple choice

  4. Memulai Polling. Jika semua pertanyaan sudah dibuat, Anda pun tinggal mengaktifkannya saat webinar berlangsung. Caranya, di jendela host akan muncul menu Polls. Klik menu tersebut, dan jendela Polls akan terbuka. Klik Launch. Secara otomatis, di jendela peserta Zoom Meeting akan muncul pilihan polling tersebut

  5. Hasil Polling. Sebagai host, Anda dapat melihat jawaban dari peserta. Jika semua peserta sudah menjawab (atau waktu memilih sudah habis), Anda tinggal tekan tombol End Poll.

  6. Tampilkan Hasil Polling (opsional). Hasil polling sendiri bisa Anda simpan dengan cara klik icon menu (tiga titik) dan pilih Download Results. Opsi lain, Anda bisa menampilkan hasil polling di layar sebagai informasi peserta.

Nah, mudah kan? Mari buat Zoom Meeting Anda lebih interaktif dengan fitur kuis dan polling