Find Us On Social Media :

Galaxy A Laris Manis, Samsung Rajai Pasar Smartphone di Dunia

By Rizal, Kamis, 21 Juli 2022 | 09:00 WIB

Samsung Galaxy A04

Perusahaan riset pasar Canalys mengungkapkan angka penjualan pada kuartal kedua yang mengalami penurunan 9 persen. Penurunan itu disebabkan oleh krisis ekonomi di dunia. Samsung sukses merajai pasar smartphone global dengan pangsa pasar 21 persen. Kesuksesan Samsung itu didorong oleh penjualan Samsung Galaxy A yang laris manis dan terjangkau di pasar.

Di bawah Samsung, Apple menguasai pangsa pasar smartphone global sebesar 17 persen, berkat penjualan iPhone 13 yang sukses di pasar. Xiaomi, OPPO, dan Vivo masing-masing berada di urutan ketiga, keempat, dan kelima. Pangsa pasar masing-masing 14% (Xiaomi), 10% (OPPO), dan 9% (vivo) dari pasar global.

Analis Riset Canalys Runar Bjrhovde mengatakan vendor smartphone harus meninjau kembali strategi mereka pada kuartal kedua tahun ini. Hal itu dikarenakan krisis ekonomi di berbagai negara membuat pasar HP menjadi lemah.

"Saat ini pasar kelas menengah kelebihan pasokan sehingga vendor dapat memanfaatkan momentum ini," ujarnya.

Sebagai catatan, pangsa pasar Apple meningkat 21,4 persen secara tahunan. Dengan kenaikan pangsa pasar Q2 sebesar 16,7% dari tahun ke tahun, Samsung berada di posisi kedua setelah Apple. 

Vivo kehilangan 10 persen dari pangsa pasar Q2 2021 pada tahun 2022, sementara OPPO mengalami penurunan tahunan 9,1% dalam pangsa pasar kuartal kedua. Xiaomi mengalami penurunan sebesar 17,6% dari pangsa pasar Q2 2021.