Find Us On Social Media :

Amar Bank Fokus Bersinergi untuk Perluas Ekosistem Digital

By Dayu Akbar, Jumat, 29 Juli 2022 | 08:00 WIB

PT Bank Amar Indonesia Tbk atau Amar Bank yang merupakan bank digital pertama di Indonesia yang hadir dengan dua produk unggulannya, Tunaiku (platform pinjaman digital) dan Senyumku (mobile-only intelligent bank).Dua produk unggulan tersebut telah terintegrasi dalam satu ekosistem digital sehingga memudahkan nasabah untuk mencapai tujuan keuangannya. Dengan integrasi ini, pinjaman dari Tunaiku dapat langsung disalurkan ke Senyumku. Nasabah juga dapat mengajukan pinjaman Tunaiku melalui Senyumku. Kemudian, nasabah Tunaiku juga dapat memanfaatkan fitur Senyumku seperti FinSight (financial insight), Kartu Debit, dan produk tabungan Celengan atau Deposito.Abraham Lumban Batu, Executive Vice President Retail Banking Amar Bank, mengatakan, “Amar Bank berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui teknologi, dan kami telah melakukannya dengan Tunaiku dan Senyumku. Produk-produk ini bertujuan untuk membantu masyarakat, termasuk UMKM, agar dapat belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan bijak dan membuka potensi mereka sebagai individu atau bisnis untuk pertumbuhan yang berkelanjutan."Selama 8 tahun terakhir, Tunaiku telah berhasil menjadi platform pinjaman digital yang berdampak positif pada peningkatan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Per Juli 2022, Tunaiku telah membantu kehidupan masyarakat Indonesia dengan menyetujui 850.000 pinjaman dengan total pencairan Rp 8 Triliun sejak 2014.

Abraham Lumban Batu, Executive Vice President Retail Banking Amar Bank

Tunaiku juga berkontribusi besar terhadap portofolio pinjaman UMKM Amar Bank yang telah mencapai 450.000 UMKM dengan total penyaluran Rp 7,3 triliun sejak 2014.Melalui Senyumku, mobile-only intelligent bank berbasis cloud pertama di Indonesia, Amar Bank menawarkan layanan perbankan yang mengadopsi teknologi AI baru dan dipersonalisasi untuk memahami perilaku mereka dan membangun kebiasaan menabung dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesehatan finansial yang lebih baik. Hal ini juga sejalan dengan strategi perusahaan untuk tumbuh di sisi liabilitas, khususnya di bagian Deposito.Pandemi Covid-19 menjadi katalis bagi ekonomi digital yang berkembang pesat, seiring dengan semakin ketatnya persaingan di industri perbankan, termasuk perbankan digital. Meskipun persaingan ketat, Amar Bank yakin memiliki banyak keunggulan dibandingkan para pesaingnya. Dengan fokus memperkuat permodalan dan memperluas ekosistem digitalnya, Amar Bank akan terus memberikan nilai tambah bagi nasabahnya.Mengenai hal tersebut, Vishal Tulsian sebagai Presiden Direktur Amar Bank menambahkan, “Meskipun benar bahwa ada banyak pemain bank digital di Indonesia, tetapi tidak ada pemain yang benar-benar dominan. Amar Bank memiliki keunggulan sebagai pelopor di bank digital sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan nasabah.”

Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank.

“Kami memanfaatkan teknologi Big Data dan Artificial Intelligence untuk memberikan layanan yang lebih baik dan personal kepada nasabahi, sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat,” lanjut Vishal.Dalam industri yang semakin kompetitif, PT Bank Amar Indonesia Tbk berhasil meningkatkan kinerja perusahaan sepanjang tahun 2021 dan laba masih positif. Sepanjang tahun 2021, perseroan masih mampu mencatatkan kinerja yang terus meningkat.