Find Us On Social Media :

Nekat Belum Juga Daftar PSE, Kominfo Resmi Blokir Steam hingga PayPal

By Rizal, Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:00 WIB

Buka PayPal menggunakan VPN ternyata cukup berbahaya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi memblokir sejumlah platform yang tidak melakukan registrasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Beberapa platform yang tidak bisa diakses di Indonesia Sabtu adalah game Steam, Epic Games Store, hingga PayPal.

Platform atau PSE ini merupakan penyedia layanan dalam daftar 100 trafik terbesar yang sudah diumumkan Kemkominfo pada pekan lalu. Kominfo sendiri telah melayangkan surat peringatan kepada platform yang belum daftar PSE. Apabila dalam lima hari kerja setelah surat dikirimkan dan tidak ada respons, Kemkominfo akan mulai melakukan pemblokiran.

Namun, Steam dan PayPal dkk belum melakukan pendaftaran hingga batas terakhir pada Jumat (29/7/2022), pukul 23:59 WIB. "Nah, dari 12 yang kemarin yang sudah disurati, ada 10 yang masih kami menunggu dan dua sudah mendaftar," tuturnya dalam konferensi pers Kominfo.

Adapun daftar layanan yang berpotensi diblokir apabila belum melakukan pendaftaran hingga tengah malam nanti, berikut ini daftar lengkapnya :

Amazon (eCommerce)PayPalYahoo Search EngineBing Search EngineEpic GamesSteamDotaCounter Strike GOBattle.netOrigin (EA)

"Kalau yang belum mendaftar sampai 23.59, saya sekali lagi meminta maaf pada masyarakat untuk layanan ini sampai mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari indonesia," tutur pria yang akrab dipanggil Semmy tersebut.

Netizen Berteriak

Gara-gara keputusan Kemenkominfo yang dianggap merugikan, warganet mengajak rekannya untuk menganggungkan tagar memblokir Kemenkominfo.

"Layanan internet harusnya gak boleh dipegang sama Kominfo lagi selama yang masih duduk disana para boomer tolol asal blok gak jelas. Akses buat main game lewat Steam, Epic, dll saja diblokir masa Paypal juga ikutan, banyak loh yang nyari duit lewat Paypal. #BlokirKominfo," kata pemilik akun @Fiar098

Akun @kevinpongmasak menyindir sebaiknya Kemenkominfo memblokir semuanya saja, termasuk internet agar seperti Korea Utara.

"Wkwkw @kemkominfo ngelawak, duit dalam Paypal gimana dong? Ga bisa buka Steam, Origin, Epic Hames juga. Blokir saja semua biar jadi kayak korea utara," ujarnya.

Pemilik akun @AkunGratisan juga menunjukkan kekesalannya atas keputusan sepihak Kemenkominfo tersebut.

"Paypal juga diblok ya. Selamat @kemkominfo, Anda sudah berhasil mematikan banyak mata pencaharian rakyatnya. Sekarang ayo dong github sama npm diblock #BlokirKominfo."