Find Us On Social Media :

Blokir PayPal Dibuka Sementara, Kominfo: Migrasi Saldo Pengguna!

By Rizal, Minggu, 31 Juli 2022 | 13:00 WIB

Buka PayPal menggunakan VPN ternyata cukup berbahaya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka sementara akses ke halaman PayPal hingga hingga Jumat (5/8/2022). Pembukaan itu memungkinkan para pengguna PayPal untuk memindahkan dananya ke platform lain.

“Kami sudah membuka sementara (situs web PayPal) per Minggu, (31/7/2022) jam 8 tadi. Proses pembukaan (situs) sudah dilakukan, sekarang pun sudah bisa diakses kembali, paling lambat jam 10 semua sudah dapat mengakses di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers, Minggu.

Kominfo mencatat ada 5453 penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang sudah mendaftarkan produknya dengan total 9039 aplikasi. Adapun dari 5453 PSE tersebut, terdapat 63 PSE yang ditangguhkan pendaftarannya lantaran data yang disampaikan kurang lengkap.

Pria yang akrab disapa Semmy itu meminta para pengguna untuk melakukan migrasi supaya saldo tidak hilang.

“Kami buka (situs web Paypal) untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan migrasi. Migrasi supaya uang-uangnya tidak hilang karena memang sampai saat ini, kami tidak berhasil dan Paypal tidak melakukan kontak dengan kami,” imbuh Semmy.

Hingga saat ini, PayPal masih belum mendaftarkan diri di halaman PSE Kementerian Kominfo. Akses PayPal akan kembali ditutup setelah tenggat waktu yang diberikan kepada pengguna untuk memindahkan saldonya.

"Sampai saat ini PayPal tidak mengikuti aturan. Saya harap masyarakat untuk melakukan migrasi selama lima hari kerja. Sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan," pungkas Semuel.

Saat ini setidaknya terdapat 7 aplikasi yang telah diblokir oleh pemerintah. Kebijakan ini dilakukan lantaran mereka belum melakukan pendaftaran dan mematuhi aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Adapun aplikasi tersebut diantaranya yakni, Yahoo Search Engine, PayPal, Epic Games, Steam, game DOTA, game CS, dan Origin (EA).

"Ada 7 aplikasi yang diblokir, dan per pagi tadi kami sedang membuka PayPal untuk memberikan waktu ke masyarakat melakukan migrasi. Sehingga sekarang ada 6 yang masih diblokir. Kemudian Steam, DOTA, CS sedang berkomunikasi mudah mudahan segera," kata dia dalam konferensi pers secara virtual.