Find Us On Social Media :

Manfaatkan API, Lion Parcel dan Luwjistik Gelar Kemitraan Strategis

By Cakrawala, Senin, 1 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Lion Parcel dan Luwjistik mengumumkan kemitraan strategis antara keduanya. Melalui kerja sama ini, Lion Parcel antara lain akan memanfaatkan API Luwjistik untuk memperkuat layanan internasionalnya, INTERPACK. Kenny Kwanto (Chief Marketing Officer Lion Parcel; kiri), Victor Ary Subekti (Chief Network and Compliance Officer Lion Parcel; kedua dari kiri), Syed Ali Ridha Madihid (Co-Founder Luwjistik; ketiga dari kiri), dan Kevin Lieanor (Head of Commercial Luwjistik) berfoto bersama usai penandatanganan kerja sama beberapa hari lalu di Jakarta.

Lion Parcel (Lion Express) dan Luwjistik minggu lalu di Jakarta mengumumkan kemitraan strategis antara keduanya. Melalui kemitraan strategis yang digelar tersebut, Lion Parcel antara lain memanfaatkan API (application programming interface) Luwjistik. Lion Parcel pun mengeklaim kerja sama itu bertujuan memperkuat layanan internasionalnya, INTERPACK, sehingga makin unggul. Dari sisi calon pengguna yang hendak mengirimkan barang dari dan ke Indonesia, kerja sama yang dimaksud menambah opsi sehingga mereka makin bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.

Luwjistik sendiri merupakan startup asal Singapura yang mengkhususkan diri dalam integrasi logistik. Luwjistik menyebutkan dirinya menawarkan suatu jembatan API antara para klien dan para mitra jaringan; Luwjistik menghubungkan mereka secara langsung dengan berbagai penyedia layanan. Luwjistik mengeklaim bisa membantu dalam menavigasi aneka tantangan lintas negara di wilayah yang terfragmentasi seperti di Asia Tenggara. Luwjistik akan menghubungkan kegiatan pengiriman lintas negara; mulai dari first mile, middle mile, sampai bea cukai dan last mile di wilayah itu.

“Pengiriman internasional merupakan salah satu pasar penting bagi Lion Parcel, di mana permintaannya terus bertambah dengan peningkatan volume hingga 200% pada semester 1/2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Asia Tenggara menjadi destinasi pengiriman terbanyak, dengan pakaian sebagai komoditas yang paling banyak dikirim. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk terus menjadi bagian kritikal dari terus berlangsungnya kegiatan perekonomian guna berkontribusi pada pulihnya kembali perekonomian nasional dan kerja sama dengan Luwjistik akan mendukung komitmen kami untuk terus memperluas jangkauan layanan, sekaligus menguatkan keberadaan INTERPACK sebagai layanan pengiriman dari dan ke luar negeri yang telah menjadi preferensi masyarakat luas, khususnya bagi para pelaku ekonomi yang tengah melakukan ekspansi pasarnya, seperti UMKM hingga e-commerce,” kata Victor Ary Subekti (Chief Compliance and Network Officer Lion Parcel).

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh sebagai mitra teknologi kepada Lion Parcel dalam meningkatkan kapabilitas layanan dan memperluas jaringan mereka. Fleksibilitas yang kami tawarkan akan mengintegrasikan pelanggan dengan layanan pengiriman yang aman, terpercaya, dan terjangkau. Sebagai enabler yang membantu kemudahan pengiriman paket ke luar negeri oleh pelanggan Lion Parcel, kami hadir untuk mengakomodir pilihan pelayanan yang aman serta berkualitas,” ujar Syed Ali Ridha Madihid (Co-founder Luwjistik).

Melalui kemitraan strategis Lion Parcel dan Luwjistik yang diumumkan Lion Parcel akan menjadi mitra first mile pengiriman ekspor dari Indonesia ke Malaysia Barat dan Timur, serta menjadi mitra last mile pengiriman impor dari Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Inggris ke Indonesia. Berkat kemitraan itu, dari sisi ekspor, Lion Parcel akan mendapatkan kemudahan memilih mitra jaringan untuk mengintegrasikan layanannya dan melakukan kerja sama. Sementara, dari sisi impor, masyarakat di tanah air akan beroleh fleksibilitas untuk memilih Lion Parcel sebagai opsi pengiriman.

Lion Parcel sendiri mengeklaim memiliki cakupan jaringan di Indonesia sebesar 98% dan INTERPACK-nya mendukung sekitar 25 negara. Lion Parcel menambahkan memilihnya sehubungan impor bisa membuat pengiriman menjadi lebih praktis dan cepat. Dengan kerja sama yang dilakukan, memilih Lion Parcel sehubungan impor setidaknya makin dimudahkan. Sementara, untuk ekspor; kemitraan strategis yang dimaksud, setidaknya saat ini, baru mendukung beberapa negara saja. Namun, kerja sama tersebut ditegaskan memungkinkan pelanggan Lion Parcel untuk melakukan pengiriman dengan ongkos kirim yang terjangkau dan layanan pengiriman terbaik ke negara bersangkutan.