Find Us On Social Media :

Jawab Tantangan Keamanan Edge, Ini Kemampuan Tencent Cloud EdgeOne

By Liana Threestayanti, Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Menjawab tantangan komputasi edge yang marak bermunculan di berbagai industri, Tencent Cloud meluncurkan Tencent Cloud EdgeOne.

Menjawab tantangan komputasi edge yang marak bermunculan di berbagai industri, Tencent Cloud meluncurkan Tencent Cloud EdgeOne.

Melalui platform satu atap mutakhir ini, Tencent mengintegrasikan pengalamannya dalam hal  kinerja dan keamanan jaringan dengan efisiensi dan stabilitas tinggi untuk perusahaan berskala global.

Dengan memanfaatkan lebih dari 2,800 node akselerasi global milik Tencent Cloud yang terdapat di lebih dari 70 negara dan kawasan, Tencent Cloud EdgeOne menawarkan kinerja jaringan yang tinggi tanpa pengguna perlu mengkhawatirkan masalah keamanan.

“Dengan  mengandalkan pengalaman operasi bisnis keamanan Tencent dalam melayani 1 miliar  pengguna, kami senang melihat bagaimana Tencent Cloud EdgeOne memberi pengguna  pengalaman jaringan yang baru yang berkualitas tinggi, dan sangat andal yang dapat menjaga  keamanan pengguna di saat yang bersamaan,” ujar Poshu Yeung, Senior Vice President, Tencent Cloud International 

Pengembangan Awal di RT-ONE

Pengembangan Tencent Cloud EdgeOne diawali pada tahun 2021, ketika bisnis video pendek (short video) dan siaran langsung (live streaming) secara global mengalami booming sampai pada satu titik yang belum pernah ada sebelumnya. Perkembangan ini mendorong Tencent Cloud meluncurkan jaringan RT-ONE™1 untuk membangun fondasi jaringan komunikasi audio dan video yang diharapkan mampu memenuhi  kebutuhan pasar.

Sebagai informasi jaringan RT-ONE™ mengintegrasikan jaringan komunikasi real-time (Tencent Real-Time Communications), jaringan pesan instan (IM) dan jaringan distribusi konten (CDN) Tencent Cloud dalam solusi satu atap. 

Selanjutnya, untuk lebih meningkatkan keamanan siber pelanggan korporat, Tencent  Cloud telah menerapkan teknologi keamanannya ke jaringan RT-ONE™ dengan  memperkenalkan platform satu atap yang ditingkatkan dan terintegrasi erat.

Tawarkan Tiga Keuntungan 

Platform baru ini diklaim Tencent secara umum menawarkan kapabilitas keamanan yang mumpuni sehingga dapat menciptakan layanan-layanan terintegrasi yang mampu memenuhi persyaratan kecepatan dan keamanan jaringan.

Di samping itu, ada beberapa keuntungan lain yang ditawarkan Tencent Cloud EdgeOne. Pertama, platform ini akan memindahkan layanan ke edge node sehingga bisa lebih dekat ke end user dan memberikan proteksi Layer-3 (Jaringan), Layer-4 (Transportasi), dan Layer- 7 (Aplikasi) serta layanan akselerasi ke pasar global. 

Tencent Cloud EdgeOne juga mengusung dasbor terpadu yang akan mengurangi beban kerja konfigurasi dan menghemat waktu pelanggan.