Find Us On Social Media :

Kelola Data Perusahaan dari Mana Saja, TIBCO Luncurkan TIBCO Cloud EBX

By Cakrawala, Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi TIBCO yang baru saja meluncurkan TIBCO Cloud EBX, solusi SaaS (software as a service) MDM (master data management), yang membolehkan pengguna untuk mengelola data perusahaan dari mana saja.

TIBCO belum lama ini meluncurkan TIBCO Cloud EBX di dunia. TIBCO Cloud EBX merupakan solusi SaaS (software as a service) MDM (master data management) yang diklaim bertenaga dan inovatif. TIBCO menyebutkan TIBCO Cloud EBX membolehkan pengguna untuk mengelola data perusahaan, termasuk data induk, data referensi, dan metadata dari mana saja. TIBCO menegaskan TIBCO Cloud EBX memberikan akses self service ke kapabilitas MDM yang cloud native untuk implementasi yang lebih cepat dan cerdas.

“Meningkatnya jumlah aplikasi perusahaan yang di-host di cloud menyebabkan luapan data, sehingga banyak perusahaan yang kewalahan mengelolanya. Pengelolaan data dan kepatuhan yang lebih baik di seluruh lingkungan, khususnya terkait data di cloud, jelas juga dibutuhkan,” ujar Mark Palmer (Senior Vice President, Engineering, TIBCO). “TIBCO Cloud EBX menampilkan semua data konsumen secara menyeluruh dan tepercaya dengan memberikan solusi MDM Saas berikut ketersediaan akses ke analitis visual terkemuka di industri, data science workbench, dan kapabilitas operasionalisasi model melalui TIBCO Cloud,” tambahnya.

TIBCO menambahkan bahwa TIBCO Cloud EBX merupakan bagian dari TIBCO Cloud Passport. TIBCO Cloud Passport sendiri adalah paket baru dan merupakan paket berbayar berbasis pemakaian yang memungkinkan FinOps (financial operations) yang fleksibel serta akses ke semua kapabilitas SaaS TIBCO dalam satu model. Hal tersebut dipercaya membolehkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhannya secara lebih ringkas. Adapun beberapa fungsi inti dari TIBCO Cloud EBX yang dikedepankan TIBCO adalah seperti berikut ini.

1. Kelincahan Melalui Rancangan Berbasis Model

Implementasi proses berbasis model yang lincah untuk pengelolaan data membantu perusahaan untuk memulai dari yang kecil dan beradaptasi seiring berjalannya waktu. Tata kelola data yang aktif membantu pengguna mengelola dan memantau pembaruan data secara aman via alur kerja terpandu; sedangkan pengelolaan siklus hidup data yang tangguh memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola versi masa lalu, masa kini, dan masa depan data induk.

2. Kemampuan Mengelola Tiap Domain Data

Tidak hanya cloud native, TIBCO Cloud EBX juga multidomain MDM. Pengelolaan hierarki yang komprehensif meliputi semua jenis hierarki dan semua jumlah alternatif hierarki, sehingga membantu memberikan pemahaman hubungan data yang penting dan menyeluruh. Fungsi pencocokan dan penggabungan cerdas mempermudah konfigurasi aturan pencocokan, peningkatan golden data record, menyederhanakan penatalayanan data, dan menjaga silsilah data. Selain itu, fitur pencarian dan kueri tingkat lanjut mendukung kapabilitas pencarian data yang mudah digunakan semua pengguna.

3. Integrasi dan Akses Cepat ke Semua Data

Perusahaan dimungkinkan untuk mengimpor maupun mengekspor banyak data secara mudah, sekaligus mendukung pola integrasi dengan API untuk REST dan SOAP. Perusahaan dapat mempercepat TTV (time to value) dengan memaksimalkan data on-premises, cloud, maupun hibrida di mana pun data itu berada serta menyajikannya ke mana pun dibutuhkan.