Find Us On Social Media :

Mobil Tanpa Sopir Google, Waymo Alami Kecelakaan Parah di AS

By Adam Rizal, Senin, 7 Mei 2018 | 17:30 WIB

Saat ini mobil tanpa sopir masih sebatas mimpi dan angan-angan belaka, mengingat belum ada satu pun mobil tanpa sopir yang diproduksi massal. Para perusahaan teknologi dan otomotif masih sebatas melakukan uji coba mobil tanpa sopir di jalanan.

Tidak semua uji coba mobil tanpa sopir itu berjalan lancar. Baru-baru ini, mobil tanpa sopir Waymo, anak perusahaan Google mengalami insiden kecelakaan parah di Chandler, Arizona, Amerika Serikat.

Kepolisian setempat mengatakan mobil tanpa sopir Waymo itu berada dalam mode otonom lengkap dengan sopir pengawas di belakang setirnya. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya cidera ringan pada para korbannya.

Dalam foto yang beredar di dunia maya, terlihat minivan Waymo di lokasi kecelakaan, dan mobil tersebut mengalami kerusakan pada bagian sampingnya sedangkan kendaraan lainnya mengalami kerusakan parah pada kap mesinnya seperti dikutip The Verge.

Juga Menimpa Uber

Mobil tanpa sopir kembali Uber mengalami kecelakan di Pittsburgh pada 24 Februari 2018 lalu. Insiden itu yang kedua kalinya setelah insiden kecelakaan parah di daerah Tempe, Arizona.

Kali ini, mobil tanpa sopir Uber menabrak mobil sesorang pengemudi perempuan yaitu Jesica McLemore.

McLemore menceritakan ia sedang mengendarai mobil sedan kecilnya bersama saudarinya yang duduk di kursi penumpang.

McLemore sedang melaju di perempatan jalan Liberty Avenue menuju utara dan

ia menyalakan lampu sein kiri untuk belok dan mobil Uber menyalakan lampu sein kanannya. Setelah belok kiri, dari arah berlawanan, mobil Uber tetap melaju lurus hingga menabrak bagian depan mobilnya.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut tetapi mobil McLemore mengalami kerusakan yang cukup serius. Mobil Jessica McLemore yang mengaku ditabrak mobil tanpa sopir milik Uber yang tengah dalam masa uji coba.

"Saat kejadian ada seorang operator yang duduk di kursi kemudi dan mengatakan jika mobil tersebut sedang dalam tahap uji coba," katanya seperti dikutip Phone Arena.

"Saya tidak sangka ada seseorang yang akan belok dari jalur paling kiri ke jalur saya," ujar operator yang tidak diketahui namanya tersebut.