Bagi penjual di platform e-commerce seperti Tokopedia, review atau ulasan dari pembeli sangat penting karena akan berdampak pada kelangsungan bisnis.
Ulasan yang positif dan bintang yang tinggi tentunya bisa membuat produk yang dijual menjadi lebih laris ke depannya.
Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review bintang lima dari pembeli.
1. Responsif dan Komunikatif
Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain,” jelas Resti.
“Sampaikan juga ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko,” saran Resti.
2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai
Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.
“Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujar Resti.
3. Deskripsikan Produk dengan Jelas
Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.
“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.
4. Kemas Produk dengan Aman
Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.
“Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan,” jelas Resti.
5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi
Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko.
“Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan,” tutur Resti.
Resti juga mengungkapkan bahwa berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diperoleh dan diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller.
“Kami berharap berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional,” tutup Resti.
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Produk Reksa Dana Pendapatan Tetap di Platformnya
Baca Juga: Inilah 5 Tips First-Jobbers Sukses Berkarir di Industri Teknologi