Find Us On Social Media :

Empat Langkah Fundamental Membangun Komunitas Mitra Teknologi

By Rizal, Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Chung Heng Han, Senior Vice President of Oracle Systems and Alliances & Channels

Selama tujuh tahun saya bekerja di Oracle, setiap harinya saya berinteraksi dengan berbagai systems integrators, ISV, managed service providers dan mitra teknologi berkelas internasional, namun saya selalu memiliki satu pertanyaan untuk para pemimpin perusahaan-perusahaan tersebut: Apa yang harus kami lakukan untuk menjadi mitra bisnis pilihan Anda?

Jawaban mereka ternyata berfokus pada empat topik utama yaitu pelanggan, keterampilan, kepercayaan, dan profit. Artinya, ada sebuah pertanyaan besar solusi apa yang dapat kami berikan untuk membantu memecahkan tantangan bisnis maupun teknis yang mereka hadapi dan bersama mengasah keahlian untuk memastikan kesuksesan bisnis. Mereka memposisikan kami sebagai mitra bisnis terpercaya dibandingkan harus berkompetisi. Disini membangun kepercayaan sangatlah penting untuk kedua belah pihak. Tidak hanya itu, para mitra juga mengharapkan kami untuk dapat menyediakan strategi marketing untuk program kerja sama yang akan dilakukan. 

Di era teknologi cloud yang berbayar saat ini, model go-to-market yang dianut oleh mitra kami lebih banyak mengedepankan strategi bagaimana memberikan solusi terbaik bagi para pelanggan, baik dari sisi teknis maupun bisnis dan mengambil bagian penting di dalam perjalanan transformasi digital mereka. Pada akhirnya, diperlukan komitmen bersama untuk mengatasi berbagai masalah dunia saat ini. 

Seperti yang dijelaskan oleh Doug Hughes, APAC, Afrika dan ANZ Business Lead untuk Accenture Oracle Business Group, “Pelanggan membutuhkan mitra terpercaya saat mereka berselancar di era baru ini.”

“Kemitraan yang kuat dengan Oracle akan mempercepat dan meningkatkan kerjasama dan integrasi berbagai solusi Oracle untuk klien kami, serta memenangkan kompetisi sejalan dengan adanya transformasi digital pada bisnis. Bersama-sama, kami membantu berbagai perusahaan untuk meningkatkan potensi teknologi dan nilai tambah bisnis untuk mendukung kesuksesan mereka hari ini dan di masa depan,” tambahnya

Salah satu dari 500 mitra terpercaya Oracle di India adalah Cargo Exchange , ISV yang berbasis di Hyderabad, dimana Oracle berkolaborasi untuk sebuah proyek percontohan untuk para pengusaha import/eksport dengan memberikan sebuah akses yang tersentralisasi terhadap dokumen perdagangan elektronik yang sah. Platform percontohan berbasis blockchain ini, berjalan di Oracle Cloud Infrastructure (OCI) dan Oracle Blockchain Cloud Service yang dapat membantu meningkatkan keamanan dan transparansi transaksi impor/ekspor di India, menyederhanakan dan mempercepat pelaksanaannya, serta memberikan efisiensi biaya. 

Dimanapun perjalanan transformasi digital pelanggan kami berada, kerjasama dengan para mitra kami selalu dikedepankan di semua lini, misalnya dimulai dari perencanaan arsitektur hingga implementasi sistem hingga rekayasa ulang proses bisnis sampai pada konsultasi strategis. Pada intinya, fokus dari setiap hubungan mitra bisnis haruslah membantu pelanggan membentuk kembali model bisnis mereka untuk menciptakan keunggulan kompetitif di industri yang mereka jalani, apakah itu dalam konteks personalisasi pengobatan, pembangunan kota pintar, IoT, digitalisasi perbankan, omnichannel retail, atau proyek megatrend lainnya.

Membangun hubungan terbaik

ISV, systems integrators, managed service providers, dan value-added resellers cenderung ingin bekerja dengan penyedia layanan cloud berskala besar namun ada nilai-nilai penting yang harus mereka evaluasi. Apakah itu? Sebagai permulaan, pertimbangkan vendor mana yang menawarkan portfolio cloud yang lengkap dari sisi infrastruktur, platform, dan layanan aplikasi, termasuk aplikasi yang disesuaikan untuk industri tertentu. Di era multicloud, sangatlah penting untuk bekerja dengan vendor yang memiliki layanan cloud yang terintegrasi dengan vendor pesaing. Dan sebaiknya pertimbangkan juga vendor cloud yang layanannya dapat dijalankan di lokasi pelanggan, ini merupakan hal yang sangat penting bagi industri yang highly regulated. 

Banyak perusahaan dan lembaga pemerintah berjuang untuk mendapatkan dan mempertahankan para pekerja profesional di bidang teknis yang berbakat, baik karena adanya PHK besar-besaran ataupun minimnya ketersediaan para pekerja di bidang TI secara keseluruhan. Untuk itu, sangat penting untuk bermitra dengan penyedia layanan cloud yang dapat menawarkan pelatihan dan sertifikasi teknis terbaru kepada pelanggan dan membantu mereka menjembatani kesenjangan keterampilan tersebut. 

Asia Pasifik adalah pasar yang sangat besar, mewakili 40% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Ini juga dikarenakan sebagian besar perusahaan dan lembaga pemerintah di Asia Pasifik memulai perjalanan transformasi digital mereka lebih lambat daripada rekan-rekan mereka di Amerika Utara dan Eropa, oleh karena itu mereka memiliki peluang besar untuk melompati proses pengadopsian di tahap awal, seperti halnya pada saat perkembangan komunikasi seluler. Dalam hal ini para mitra kami juga berkesempatan untuk meraih peluang besar tersebut. Bersama, kita dapat menciptakan perbedaan yang berarti untuk dunia ini. 

* Chung Heng Han, Senior Vice President of Oracle Systems and Alliances & Channels