Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G Resmi Meluncur

By Dayu Akbar, Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:37 WIB

Melalui acara Samsung Galaxy Unpacked 2022 yang digelar Rabu malam (10/08), Samsung meluncurkan dua ponsel lipat terbarunya yaitu Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G.Dan tidak perlu menunggu lama, setelah peluncuran tersebut Samsung Indonesia langsung memberikan kesempatan kepada konsumen di tanah air untuk memiliki dua ponsel lipat tersebut melalui program pre-order.Konsumen yang melakukan pre-order Galaxy Z Flip4 5G maupun Galaxy Z Fold4 5G akan menerima paket Samsung Care+ selama setahun Sebagai ponsel lipat generasi keempat ini, seri Galaxy Z tersebut masih memiliki desain khas yang mirip dengan generasi sebelumnya.Meski demikian tentu saja Samsung sudah mempersiapkan segalanya dengan lebih baik, termasuk dari sisi performa dan juga konsumsi daya yang lebih efisien.Galaxy Z Flip4 5GGalaxy Z Flip4 5G masih hadir dengan desain clamshell compact yang menawarkan pengalaman unik yang tidak ada di smartphone lainnya.Desain ini hadir dengan engsel yang lebih ramping, tepi bodi yang diluruskan, serta bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy.Desain ini memungkinkan pengguna agar dapat merekam secara hands-free maupun mengambil group selfie secara utuh dari berbagai angle dengan melipat Galaxy Z Flip4 5G sebagian untuk mengaktifkan FlexCam.

Bisa juga digunakan di beragam aplikasi favorit, FlexCam telah dioptimalkan untuk digunakan di berbagai social platform terpopuler, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Facebook.Pengguna pun bisa buat konten dengan lebih baik seperti mengambil selfie hingga video berkualitas tinggi langsung dari Cover Screen menggunakan kamera utama dengan fitur Quick Shot yang telah dikembangkan.Aktivitas tersebut bisa tetap dilakukan sambil beralih ke Flex Mode untuk melanjutkan perekaman secara hands-free tanpa menghentikan video terlebih dahulu.Pengguna pun sekarang bisa mengambil selfie dalam Portrait Mode dan melihat preview foto dengan rasio sebenarnya menggunakan Quick Shot. Galaxy Z Flip4 5G dipersenjatai dengan Snapdragon 8+ Gen 1, RAM LPDDR5 8 GB, serta pilihan penyimpanan 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Saat dibentangkan, layarnya memiliki ukuran 6,7 inci dengan resolusi 2.640 x 1.080 pixels (QXGA). Panel yang digunakannya yaitu dynamic AMOLED 2x dengan desain infinity flex display serta memiliki adaptive refresh rate 120Hz.Sementara saat di lipat, layar dibagian covernya memiliki ukuran 1,9 inci dengan super AMOLED display beresolusi 260 x 512 pixels.Kamera depannya dilengkapi dengan 10MP selfie camera dengan bukaan f/2.4, sementara kamera belakangnya ada dua yang terdiri dari 12MP ultra wide camera dan 12MP wide-angle camera.Kapasitas baterainya 3.700 mAh dengan dukungan Super Fast Charging yang memungkinkan mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.Dengan pilihan warna Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple dan Contemporary Blue, Galaxy Z Flip4 5G bisa dipesan melalui pre-order mulai 10 Agustus dengan harga mulai dari Rp13.999.000.

Galaxy Z Fold4 5G

Galaxy Z Fold4 5G menawarkan pengembangan fungsionalitas baik saat dibuka, ditutup, maupun dalam Flex Mode. Sebagai perangkat pertama yang menjalankan Android 12L, versi Android khusus yang didesain Google untuk pengalaman menggunakan perangkat layar besar yang lebih baik, termasuk pada foldable.Dengan rangka bodi dan pelindung engsel yang dibuat menggunakan Armor Aluminum dari Samsung dan Corning Gorilla Glass Victus+ pada Cover Screen dan bodi belakang, Galaxy Z Fold4 5G adalah foldable Samsung paling tangguh. Ketahanan panel layar utama pun telah ditingkatkan berkat optimalisasi struktur lapisan di dalam layar yang membuatnya lebih tahan terhadap guncangan dan meminimalkan adanya kerusakan. Mirip dengan Galaxy Z Flip4 5G, Galaxy Z Fold4 5G juga dibekali dengan ketahanan air IPX8.Galaxy Z Fold4 5G dipersenjatai dengan Snapdragon 8+ Gen 1, RAM LPDDR5 8 GB, serta pilihan penyimpanan 256 GB, 512 GB dan 1 TB.

Layar utamanya berukuran 7,6 inci dengan fitur adaptive refresh rate 120Hz, serta Under Display Camera (UDC) yang tersembunyi lewat pengaturan piksel terbaru yang memiliki resolusi 4MP dan kamera cover 10MP.Aplikasi media sosial popular seperti Facebook pun telah teroptimalisasi dengan layar besar perangkat untuk pengalaman mengakses konten yang lebih nyaman. Pengguna juga bisa lebih mudah pakai perangkat dengan satu tangan pada saat menggunakan Cover Screen yang lebih besar berkat engsel yang lebih ramping, bobot yang lebih ringan, dan bezel yang lebih minim.Saat dilipat, layarnya memiliki ukuran 6,2 inci dengan resolusi HD+. Panelnya juga sama yaitu dynamic AMOLED 2x dengan adaptive refresh rate 120Hz.

Kamera utamanya sendiri ada tiga yang terdiri dari lensa utama 50MP OIS Dual Pixel dan fitur 30x Space Zoom, lensa ultrawide 12MP, dan lensa tele 10MP OIS PDAF dengan 2X optical zoom. Galaxy Z Fold4 5G menghadirkan pengalaman multitasking yang lebih mudah. Fitur Taskbar baru menawarkan layout layaknya PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan. Perangkat ini pun memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif berkat swipe gesture terbaru yang memungkinkan pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan dalam menikmati lebih banyak cara untuk multitasking. Kolaborasi Samsung dengan Google dan Microsoft membawa multitasking ke level yang lebih tinggi. Berbagai aplikasi Google seperti Chrome dan Gmail kini mendukung fitur drag-and-drop, jadi pengguna bisa copy-paste teks hingga foto dengan lebih cepat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Pengalaman multitasking pun menjadi lengkap dengan dukungan S Pen yang memungkinkan pengguna menggambar hingga mencatat dengan nyaman bahkan saat dalam perjalanan, ditambah dengan penyimpanan yang efisien menggunakan Standing Cover with Pen case. Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Standing Cover with Pen case hadir dengan pilihan warna Graygreen, Beige, dan Phantom Black. Selain itu, Galaxy Z Fold4 5G juga tersedia dalam warna Burgundy dan opsi ruang penyimpanan hingga 1TB. Tersedia melalui pre-order mulai 10 Agustus dan akan tersedia secara langsung mulai 26 Agustus di sejumlah negara, Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga mulai Rp24.999.000.