Reels terus menjadi fitur unggulan Instagram yang digemari pengguna Indonesia untuk menemukan konten dan berinteraksi dengan kreator favorit mereka.
Berdasarkan data Instagram, komedi merupakan salah satu kategori konten Reels yang banyak diminati masyarakat Indonesia, terlihat dari pertumbuhan tagar seperti #dagelan, serta kemunculan komika-komika baru di Reels seperti Venya Adisuryo dan Natasha Keniraras.
Hari ini, Instagram secara resmi memperkenalkan program #TawaDiReels yang didesain untuk memberdayakan komika-komika di Indonesia dalam perjalanan mereka di dunia digital. Instagram akan mengadakan kelas #TawaDiReels, yakni pelatihan membuat konten Reels bagi para kreator komedi.
Seluruh materi dan kegiatan di kelas ini telah dirancang secara khusus untuk konten komedi, meliputi sesi berbagi best practice, pelatihan tentang membuat konten yang sesuai dengan Pedoman Komunitas Instagram, perlindungan akun dari hacker dan perundungan, serta trik-trik meningkatkan visibilitas akun di Reels untuk menjaring kerjasama dengan brand.
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara, mengatakan, "Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan pertumbuhan Reels tercepat. Berkat basis pengguna yang luas serta kemudahan untuk menemukan konten dari berbagai kategori, fitur ini telah mendorong pertumbuhan ekosistem kreator dan memunculkan bakat-bakat baru dari seluruh Indonesia. Peluncuran kampanye #TawaDiReels menjadi bentuk dukungan Meta bagi para komika di Indonesia dalam mengembangkan basis penggemar dan memperluas eksistensi mereka di ranah digital.”
Babe Cabita, komika yang juga dipilih sebagai Wajah #TawaDiReels menjelaskan, “Media sosial, seperti Instagram, menjadi sebuah wadah bagi kreator komedi seperti saya untuk berekspresi dan berkreasi. Kreator komedi pun dituntut untuk terus mengikuti tren dan memberikan konten-konten yang mudah dikonsumsi dan menghibur bagi para fans. Kampanye #TawadiReels ini merupakan inisiatif yang pas untuk mengajak para kreator agar menginspirasi satu sama lain, memproduksi konten positif, memunculkan bakat komika baru serta mendapatkan peluang kerja sama dengan berbagai brand. Stand-up comedian yang keren itu bisa menghadirkan tawa di mana pun, tawa di panggung, tawa di film, dan juga tawa di Reels!” ”
Selain mengadakan pelatihan kreator, Instagram juga berkolaborasi dengan Stand-Up Comedy Indonesia (SUCI X) sebagai bagian dari program #TawadiReels untuk mendorong talenta-talenta komedi baru dari seluruh Indonesia.
Di awal kerja samanya, SUCI X menggelar audisi online yang sukses membawa lebih dari 800 bakat komika yang tunjukkan kebolehannya melalui fitur Reels. Para finalis yang terpilih akan diberikan kelas khusus dari tim Instagram agar mereka bisa memanfaatkan Reels untuk membangun audiens mereka di dunia maya.
“Di usianya yang genap 1 dekade pada tahun ini, Stand Up Comedy Indonesia atau SUCI X berkolaborasi dengan sejumlah pihak seperti, Instagram, Comika.id dan Pecahkan milik Pandji Pragiwaksono. Serta juga berkolaborasi dengan Raditya Dika untuk konten kreatif. Bersama Instagram kami membuat program SUCI Tawa di Reels yang juga audisinya dilakukan oleh tim SUCI melalui Reels. Kedepannya kami pasti akan terus melaju untuk berkolaborasi dengan Instagram dengan harapan keriuhan dari SUCI X ini akan terus meramaikan industri komedi di Indonesia,” pungkas Reestia Dela, News Entertainment Manager, KompasTV.
"Kampanye #TawaDiReels merupakan bagian dari komitmen Meta dalam membantu komika Indonesia dalam meraih sukses baik di dalam maupun luar negeri, serta mengubah passion dan kreativitas menjadi sumber pencaharian. Dengan adanya program dan kolaborasi ini, kami berharap dapat terus mendiversifikasi ekosistem kreator di Indonesia, dan mengangkat kreator-kreator lokal berkualitas dari seluruh Indonesia melalui edukasi, pelatihan dan sumber daya dari tim kami,” tutup Revie.