Find Us On Social Media :

Google Doodle Rayakan HUT ke-77 RI dengan Ilustrasi Pacu Perahu

By Rizal, Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Google Doodle Rayakan HUT ke-77 RI dengan Ilustrasi Balap Perahu

Google turut merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) atau HUT ke-77 RI dengan menampilkan Pacu perahu atau balap perahu, salah satu tradisi unik di Hari Kemerdekaan.

Ilustrasi balap perahu itu dibuat oleh seniman Bandung Wastana Haikal. Festival Pacu Jalur menjadi salah satu perlombaan terbesar di Indonesia. Setelah penampilan lagu-lagu dan tarian, ada lebih dari seratus perahu dengan dekorasi yang semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan.

"Sebagai negara bahari, festival pacu jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim," tulis Google mengutip laman resmi.

Tim hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional, sementara penonton berkumpul di tepi sungai.

"Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika," tambah Google dalam keterangan soal Google Doodle ini.

Jika pengguna Google Search mengklik ilustrasi Doodle ini, pengguna bakal disambut kembang api berwarna merah di laman pencarian yang menampilkan soal Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, tulisan Google di pojok kiri atas, samping kolom pencarian, berubah dan memajang bendera merah putih. Untuk menyalakan animasi kembang api di Google, kamu bisa melakukannya dengan mengklik tombol berlogo kembang api yang ada di tengah-kiri bawah lama pencarian.