Find Us On Social Media :

Penerapan AI di TikTok, Ubah Kata Jadi Gambar Unik untuk Videomu

By Liana Threestayanti, Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Contoh penerapan artificial intelligence (AI) yang kita saksikan sekarang ini sangat beragam. Yang terbaru adalah filter di aplikasi TikTok.

Contoh penerapan artificial intelligence (AI) yang kita saksikan sekarang ini sangat beragam, mulai dari penerapan yang canggih di lingkungan enterprise sampai fitur di aplikasi. Yang terbaru adalah filter di aplikasi TikTok.

Contoh penerapan artificial intelligence terbaru di aplikasi datang dari TikTok. Aplikasi besutan ByteDance ini baru saja meluncurkan filter AI Greenscreen.

Filter ini merupakan penerapan artificial intelligence berupa sistem text-to-image generator di aplikasi TikTok.

Pengguna dapat "menyuruh" aplikasi TikTok untuk membuat green screen tertentu hanya dengan mengetikkan sebuah kata. Fitur ini cukup mendasar tetapi berfungsi cukup baik dalam menyajikan filter yang akurat untuk menambahkan sebuah elemen yang unik ke video TikTok pengguna.

Dengan AI Greenscreen, pengguna dapat menciptakan kreasi seni yang unik, misalnya dari nama pengguna. Ketikkan nama Anda dan sistem text-to-image generator ini akan membuat green screen terpersonalisasi yang kemudian dapat Anda jadikan backdrop video. 

Bagaimana cara membuat efek ini? Caranya mudah kok. 

Pertama, buka aplikasi TikTok di smartphone Anda. Lalu klik tanda '+' untuk video baru di beranda TikTok. Kemudian, di sebelah kiri bawah kamera, klik 'Efek'. Selanjutnya pada bar search klik 'AI Greenscreen'.

Setelah efek AI Greenscreen terpilih, ketikkan  nama Anda atau tulisan apa saja sesuai yang Anda pikirkan dan klik "Kreasikan." Kreasi seni unik berbasis artificial intelligence segera tersaji di smartphone Anda dan bisa digunakan untuk backdrop video Anda.