Find Us On Social Media :

Tokopedia Ungkap Kategori Paling Laris Setahun Terakhir di HUT ke-13

By Rafki Fachrizal, Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:20 WIB

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Bersamaan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) RI (Republik Indonesia) ke-77 yang jatuh di tanggal 17 Agustus, perusahaan e-commerce/marketplace Tokopedia juga merayakan hari jadinya yang 13 tahun.

Memasuki usia barunya tersebut, Tokopedia pun membagikan tren belanja online selama setahun terakhir yang ada di platformnya.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, mengatakan bahwa ada lima kategori yang paling laris di Tokopedia.

“Beberapa kategori terpopuler di setahun belakang ada Rumah Tangga, Makanan & Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen,” ucap Rizky, dalam Media Gathering '13ersama Tokopedia' di KAUM Jakarta, Kamis (18/8/22).

Pertama, kategori Rumah Tangga dengan produk yaitu benih/bibit tanaman, stop kontak dan baterai. Kategori kedua adalah Makanan dan Minuman dengan produk minyak, buah dan keripik.

Kategori ketiga yankni Kesehatan dengan produk vitamin, obat herbal dan masker. Kategori keempat adalah Elektronik dengan produk earphone, bohlam dan speaker.

Sedangkan kategori terakhir yakni fesyen, dengan produk di antaranya kaos pria, sandal wanita dan tas selempang wanita.

Selan mengungkapkan kategori produk paling laris, Tokopedia juga membagikan informasi terkait wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi, pembeli paling tinggi dan transaksi paling tinggi.

Untuk wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi, di antaranya Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas.

Kemudian untuk wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, yaitu Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng. “Ini rata-rata peningkatannya 3,5 kali lipat,” cetus Rizky.

Sedangkan untuk, wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, yakni Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang. Rata-rata peningkatannya sekitar 9 kali lipat.

Sebagai informasi, untuk merayakan ulang tahun ke-13, sepanjang bulan Agustus 2022 Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye, di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130.

Baca Juga: GoFood Kini Tersedia di Aplikasi Tokopedia, Begini Cara Pesannya

Baca Juga: Penjual di Tokopedia Wajib Tahu! Ini 5 Tips Dapat Review Bintang 5