Find Us On Social Media :

Cara Belanja Online di TikTok Shop, Ternyata Gampang Banget Loh!

By Rafki Fachrizal, Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Cara Belanja di Aplikasi TikTok

TikTok menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja online langsung dari aplikasi besutan perusahaan ByteDance tersebut. Fitur tersebut bernama TikTok Shop.

TikTok Shop sendiri diperkenalkan pada pertengahan Q3 2021 atau tepatnya Agustus 2021 ke pengguna di wilayah Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Saat ini, TikTok Shop sudah tersedia untuk pengguna di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sama seperti berbelanja online di platform marketplace/e-commerce yang cukup beberapa klik saja, berbelanja di TikTok Shop juga sangat mudah.

Berikut InfoKomputer akan jelaskan langkah-langkah untuk berbelanja di TikTok Shop. Silakan disimak ya!

Cara Belanja di TikTok Shop Lewat Posting-an Video

  1. Buka aplikasi TikTok dan pastikan Anda sudah memiliki akun yang telah terdaftar.
  2. Temukan video yang menawarkan produk yang ingin Anda beli. Ini bisa ditemukan di video-video yang disuguhkan ke Anda di tab ‘Home’ atau biasa disebut FYP (For Your Page), atau Anda bisa juga menemukan dengan mencari nama akun (toko/kreator konten) lewat pencarian dengan mengeklik ikon kaca pembesar yang ada di pojok kanan atas.  
  3. Setelah menemukan produk yang ingin Anda beli, klik ikon tas berwarna kuning di video atau klik ikon tas yang muncul di profil utama.
  4. Selanjutnya, akan tampil etalase produk yang dijual oleh akun tersebut dan pilihlah produk yang mau Anda dibeli.
  5. Jika Anda sudah menentukan produk yang akan dibeli, klik ikon troli atau ‘Buy Now’. Jika mengeklik ikon troli, Anda masih bisa memilih produk lain yang ingin dibeli. Namun kalau mengeklik ‘Buy Now’ Anda hanya membeli produk tersebut.
  6. Lakukan konfirmasi pembelian. Untuk pembelian baju misalnya, biasanya di bagian ini akan muncul pilihan ukuran, warna dan jumlah item yang diinginkan. Pilihlah sesuai yang Anda mau beli.
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukan alamat lengkap, jumlah item yang ingin dibeli dan pilih kurir pengiriman pada laman “Order Summary”. Anda juga bisa menambahkan pesan bila diinginkan. Masukkan juga kupon diskon agar belanja Anda menjadi lebih hemat.
  8. Lakukan pembayaran melalui berbagai macam metode, seperti COD (Cash on Delivery), transfer bank, e-wallet (OVO, GoPay, Dana dan ShopeePay) dan kartu debit/kredit.
  9. Jika sudah menyelesaikan pembayaran, Anda tinggal menunggu pesanan sampai ke Anda. Untuk melihat informasi terkait transaksi Anda di TikTok Shop, bisa dilihat tab ‘Profil’ lalu klik ‘Order Center’.

Cara Belanja di TikTok Shop Lewat Live Streaming

  1. Buka aplikasi TikTok dan pastikan Anda sudah memiliki akun yang telah terdaftar.
  2. Di tab ‘Home’. Klik ikon bertuliskan ‘LIVE’ yang ada di bagian pojok kiri atas.
  3. Temukan live streaming yang menyuguhkan produk yang sekiranya ingin Anda beli. Sebelum memutuskan membeli produk, cobalah tonton dengan seksama mengenai penjelasan produk tersebut. Anda juga bisa bertanya-tanya dengan mengetik di kolom chat jika ada hal yang sekiranya ingin Anda ketahui terkait produk yang ingin dibeli.
  4. Jika sudah yakin untuk membeli produk klik ‘Buy’. Selain produk yang ditampilkan saat live streaming berlangsung, Anda juga bisa melihat produk lain yang dijual oleh akun dengan mengeklik ikon troli di bagian kiri bawah.
  5. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke laman “Order Summary”. Di tahap ini Anda akan diminta memasukan alamat lengkap, jumlah item yang ingin dibeli dan pilih kurir pengiriman. Anda juga bisa menambahkan pesan bila diinginkan. Masukkan juga kupon diskon agar belanja Anda menjadi lebih hemat.
  6. Lakukan pembayaran melalui berbagai macam metode, seperti COD (Cash on Delivery), transfer bank, e-wallet (OVO, GoPay, Dana dan ShopeePay) dan kartu debit/kredit.
  7. Jika sudah menyelesaikan pembayaran, Anda tinggal menunggu pesanan sampai ke Anda. Sama seperti belanja melalui posting-an video, untuk melihat status atau informasi terkait transaksi bisa dilihat dengan mengeklik tab ‘Profil’, lalu klik ‘Order Center’.

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Shop Supaya Bisa Jualan Online di Aplikasi TikTok

Baca Juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis Pakai SSSTik, Ini Caranya

Baca Juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark di iPhone, Begini Caranya